Ini Profil Lengkap Raden Adjeng Kartini

Lukisan Raden Ajeng Kartini.

Hargo.co.id – Kartini merupakan salah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia.

Raden Adjeng Kartini terlahir dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah. Ayahnya merupakan seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara, Jawa Tengah sesaat setelah Kartini dilahirkan. Sedangkan sang bunda, merupakan seorang guru agama di Telukawur, Jepara, Jawa Tengah.

Ibunda Kartini sendiri sebenarnya bukan istri pertama ayahandanya. Karena sang bunda bukanlah seorang bangswan, maka ayahanda Kartini akhirnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), yang merupakan keturunan Raja Madura.

Pernikahan tersebut tak bisa terelakan, itu dikarenakan ayah Kartini yang berprofesi seorang bupati, dimana peraturan kolonial waktu itu mengharuskannya beristrikan seorang bangsawan. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandungnya, Kartini adalah anak perempuan tertua. Pada usia 12 tahun, Kartini bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sekolah tersebut Kartini diajarkan bahasa Belanda.