Ini Tips Memilih Berlian yang Tepat

Berlian.

Hargo.co.id – ‎Berlian selalu menjadi perhiasan yang didambakan setiap orang. Maka, sebagian orang tidak segan merogoh kocek dalam hanya untuk mendapatkan satu perhiasan berlian.

Namun, dalam membeli berlian tidak semudah seperti perhiasan emas. Setidaknya, terdapat empat unsur yang harus dipenuhi saat membeli. Yakni, empat C (Color, Clarity, Cutting, dan Carrat).

Color (warna) berlian itu ukurannya dari D-Z. Semakin turun ukurannya, maka berlian makin kuning.

“Tapi kalau ke atas, maka warnanya makin putih. Dan D merupakan warna paling bagus untuk sebuah berlian,” Store Manager Frank & Co Plaza Senayan Jakarta, Leslie Christian, Selasa (19/4).

Clarity atau kejernihan memiliki takaran Internally Flawless alias sempurna hingga ‎I (Imperfect/ketidaksempurnaan). Kebanyakan toko perhiasan yang bagus itu jualnya VVS (Very Very Slight Inclusions). “VVS satu tingkat di bawah IF dan Frank & Co pakai yang tingkat ini,” bebernya.

Leslie melanjutkan, dalam membeli berlian juga harus melihat cutting yang memiliki beragam jenis. Terakhir, adalah carrat (karat).

Carrat berbanding lurus dengan besar diamond atau berlian. “Berlian yang bagus biasanya memiliki karat di atas 0,3. Ini artinya, batunya sudah excellent,” tandas Leslie.

Nah, jika berminat membeli berlian jangan lupa untuk memperhatikan empat unsur tersebut. Khususnya, bagi Anda yang baru menjadi pembeli atau kolektor ‎berlian. (rka/JPG/hargo)‎