Iriana Borong Karawo ke Istana

BORONG KARAWO - Ibu Negara Iriana Jokowi (syal orange) bersama para istri Menteri Kebinet Kerja memilih karawo yang dijadikan ole-ole ke Istana saat berada di galeri karawo BI Gorontalo, kemarin. (foto: istimewa)

GORONTALO, Hargo.co.id – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla dibuat kagum dengan kain sulam karawo, saat berkunjung ke galeri Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, Senin (22/1).

Kain sulam yang hanya bisa diproduksi manual itu bahkan menyita perhatian rombongan Ibu Negara, yang merupakan anggota organisasi aksi solidaritas era (Oase) Kabinet Kerja atau istri-istri Menteri Kabinet Kerja.

Menurut Iriana, karawo merupakan sulam unik yang membuatnya juga tidak mudah. “Jadi ibu Presiden, untuk membuat karawo itu butuh kesabaran, setelah benangnya diiris, dicabut satu-satu lalu disulam lagi,”ujar Kepala Perwakilan BI Suryono menerangkan kepada Ibu Negara dan rombongan, kemarin.

Tidak heran, istri Presiden Joko Widodo ini langsung memborong kain sulam karawo di tempat itu dan membawanya ke istana di Jakarta. Ia memilih empat motif berbeda sekaligus dari jenis kain sutra dan sifon. Harganya sekira Rp 1,2 juta.

“Ibu (Iriana) langsung yang pilih sendiri,”ujar petugas stand yang dikunjungi Iriana pada galeri BI, kemarin. Selain Iriana, rombongan Oase juga ikut memborong karawo. Apalagi turut ditampilkan Couture New York Fashion Week di layar televisi yang didalamnya ada karawo, lebih menambah yakin para istri Menteri Kabinet Kerja itu yakin jika karawo adalah kain sulam dengan nilai seni yang tinggi.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara juga turut menyaksikan sejumlah desain busana bermotif karawo karya Agus Lahinta yang ditampilkan para model. Termasuk sejumlah kerajinan khas lain, seperti upia karanji, kerajinan tangan dari eceng gondok, dan kue karawo.

“Semua ini adalah produk asli Gorontalo,”kata Suryono, kemarin. Sebelumnya, dalam kunjungan ke Gorontalo, kemarin, Iriana bersama rombong terlebih dahulu menyaksikan pelayanan iva test di Puskesmas Limboto. Iva test merupakan cara dini mencegah serviks bagi perempuan. Iriana kemudian bertemu murid-murid Paud Abdi Jaya Limboto, siang kemarin. Ia memberikan hadiah bagi anak-anak yang sudah mentinya sejak pagi itu.

Di Kota Gorontalo Iriana dan rombongan menemui 1000 guru di Grand Palace Kota Gorontalo dalam rangka seminar parenting. Iriana menekankan pentingnya pendidikan bagi anak sebagai generasi penerus bangsa. (hargo)