Istimewa, Menpar Launching Tour de Banyuwangi Ijen 2016

Tour de Banyuwangi-Ijen 2016

Hargo.co.id JAKARTA – Suasana Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jalan Merdeka Barat Jakarta betul-betul berubah, Senin 28 Maret 2016. Banyuwangi banget! Jawa Timuran sekali. Atmosfer acara launching balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 11-14 Mei 2016 itu istimewa, rapi, serius, dan berkualitas. Baru sadar, rupanya beginilah kalau ada dua tokoh Marketeer of The Year 2013 dan 2014 versi MarkPlus itu sedang punya gawe.

Menpar Arief Yahya (2013) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (2014) sedang menaikkan value event balap sepeda ITdBI, di tahun ke-5. Keduanya sedang mempromosikan pariwisata di ujung Timur Pulau Jawa itu dengan sport tourism yang diintegrasikan dengan keindahan nature, kedalaman culture, dan sentuhan teknologi komunikasi yang sangat kekinian.

Keduanya sedang membranding Banyuwangi, sebagai daerah kecil di ujung sun rise of Java, sebagai contoh ideal sebagai kabupaten dengan sentuhan pariwisata.

Puluhan kali applause sahut menyahut sekitar 200 audience dalam 20 menit, oleh 2 tokoh yang tampil di stage. Keduanya seolah sedang menginspirasi satu dengan yang lain, saling mengisi, saling menyemangati, tanpa diskenario.

“Saya masih ingat, tahun lalu melalui 555 kilometer, tahun ini 567 kilometer. Saya tahu ini adalah trik cerdas Bupati Azwar Anas memperbaiki jalan-jalan rusak di Banyuwangi!” sebut Menpar Arief Yahya, mengawali sambutan.

Sebagai hadiah atas komitmen dan cara cerdik itu, Arief Yahya pun mengumumkan menambah 100 persen total prize money-nya. “Saya sudah tanya, berapa total hadiah ITdBI? Jawabannya Rp 700 juta, atau kurang dari USD 100 ribu. Maka kami naikkan double, menjadi Rp 1,5 Miliar. Sport event itu hadiah sangat mempengaruhi kualitas atlet yang berkompetisi,” ucap Arief Yahya.

Menpar berulang kali memuji Banyuwangi, sebuah kabupaten kecil yang selama ini lebih dikenal dengan gudangnya santet dan membuat orang yang lewat saja “merinding,” kini menjadi destinasi wisata top. Justru mengundang orang datang, untuk menyaksikan keindahan alam, budaya, dan events yang dikreasi.