Jelang Festival Otanaha, Lintas Etnis Siap Ambil Bagian

Irwan Hamzah

KOTA, hargo.co.id – Pelaksanaan Festival Pesonal Otanaha (FPO) pasa Mei mendatang juga akan melibatkan lintas Etnis yang ada di Kota Gorontalo.

Seperti diketahui, di Kota Gorontalo sendiri terdapat beberapa etnis, Mulai dari suku Gorontalo, Bugis, Makasar, Minahasa, Thionghowa, Padang, Jawa Tondano, dan Arab.

Di satu sisi, kerukunan lintas etnis sendiri menjadi bagian dari visi misi Pemerintah Kota Gorontalo, yang tertuang di dalam program kerja pasangan Marten-Budi (MaDu). Menariknya, keberagaman itu akan dirangkaikan dalam pelaksanaan festival Otanaha Bulan Mei nanti.

“Lintas etnis nantinya akab menampilkan budaya dari semua etnis yang ada di Kota Gorontalo dalam karnaval budaya nusantara. yang akan melaksanakan karnaval budaya pada hari pertama pelaksanaan kegiatan itu. Bahkan akan berpartisipasi, dalam lomba tradisional tari nusantara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpor) Kota Gorontalo Drs, Hi, Irwan Hamzah, belum lama inj.

Mantan Kadis Perindagkop Kota Gorontalo itu menambahkan, ini merupakan bentuk dan wujud perhatian Pemerintah Kota Gorontalo, untuk mempererat tali silaturahmi antar suku di Kota Gorontalo.

Ia berharap, kegiatan akbar ini akan meningkatkan persaudaraan masyarakat berbagai suku di Kota Gorontalo.

“Keberagaman itu indah, seperti semboyan Negeri kita, Bhineka Tunggal Ika, dan kita wajib melestarikan dan menjaganya sebagai sebuah kekayaan yang nantinya dapat kita wariskan ke anak cucu kita,” tandas Irwan. (gip/hargo)