Jelang Lebaran, Masyarakat Banyak Yang Gadaikan Emas

Hargo.co.id GORONTALO –  Hingga akhir pekan kedua bulan Ramadan, transaksi gadai di PT Pegadaian (Persero) Gorontalo khusus perhiasan emas terus meningkat.

Hal ini seiring kebutuhan masyarakat, terutama menjelang lebaran Idul Fitri nanti.
Hal itu diakui langsung oleh Kepala Deputy PT Pegadaian (Persero) area Gorontalo, Yuslianto, belum lama ini.

Menurutnya, tren peningkatan gadai khusus perhiasan emas sejak awal Ramadan memang kerap terjadi dan bahkan sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat, termasuk di Gorontalo.

“Karena kebutuhan masyarakat sejak menjelang Ramadan dan awal Ramadan biasanya cukup besar. Dan ini sudah berlaku umum di masyarakat. Ada juga yang bertransaksi gadai untuk menambah modal usaha pada setiap Ramadan,” kata Yuslianto.

Jelang lebaran Idul Fitri ini, Yuslianto memprediksi traksaksi gadai khusus perhiasan emas akan semakin meningkat tajam.

Di Gorontalo sendiri, biasanya yang terjadi peningkatan adalah tebusan. “Kalau perhiasan, mungkin saja masyarakat di Gorontalo ingin tampil beda.

Karena alasannya menebus perhiasan emas karena ingin dipakai saat lebaran. Setelah lebaran, digadai lagi,” tambah Yuslianto sembari tersenyum renyah.

Sementara itu, Yuslianto juga mengatakan bahwa khusus transaksi gadai perhiasan emas di PT Pegadaian (Persero) se-Provinsi Gorontalo terus mengalami peningkatan jika dihitung sejak awal 2017 lalu.

Tercatat, hingga Mei 2017 outstanding loan atau saldo pinjaman sudah mencapai Rp 400 Miliar. Padahal, target Gorontalo tahun 2017 hanya mencapai Rp 425 Miliar.

Sedangkan bicara omset, hingga Mei 2017 tecatat sudah mencapai Rp 575 Miliar. Target omset tahun ini mencapai Rp 1,5 Trilyun.

Yuslianto mengatakan, jelang lebaran Idul Fitri nanti, PT Pegadaian akan membuka pelayanan hingga tanggal 23 Juni 2017 dan akan membuka pelayanan kembali pada tanggal 3 Juli 2017.

“Saat ini, kami juga sedang membuka Bazzar Lelang Emas Pegadaian di Citymall Gorontalo yang sudah dibuka sejak tanggal 9 dan ditutup tanggal 21 Mei. Disini, harganya murah dan bisa dicicil,” pungkasnya.(axl/hargo)