Jelang Pelantikan Anies-Sandi, Bangun Kepercayaan Publik di 100 Hari Pertama

Anies-Sandi ketika fitting kemeja untuk pelantikan. (Instagram)

JAKARTA, hargo.co.id – Agenda 100 hari Gubernur – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno harus mampu dimanfaatkan untuk membangun kepercayaan publik dengan memberi gambaran program kerja yang akan dilakukan lima tahun kedepan.

“Meski secara konstitusi tidak ada aturan soal agenda 100 hari, Anies Sandi harus memanfaatkan momentum tersebut secara baik. Ibarat bulan madu yang tidak boleh dilewatkan,” kata Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS), M Syaiful Jihad di Jakarta, Kamis (12/10).

Dalam 100 hari, lanjut Syaiful, Anies-Sandi diharapkan sudah menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta Tahun 2018-2022 menjadi Peraturan Daerah.

Dalam RPJMD tergambar program kerja yang akan dilaksanakan dalam lima tahun sebagai realisasi 23 janji kampanye Anies-Sandi dalam mewujudkan visi “Maju Kotanya, Bahagia Warganya”.

“Zaman Fauzi Bowo – Prijanto, RPJMD Tahun 2007-2012 ditetapkan pada tanggal 21 Februari 2008. Sementara Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama, RPJMD 2013-2017 ditetapkan pada 8 Mei 2013. Anies Sandi harus lebih progresif,” pinta Syaiful.

Agenda berikutnya, Anies-Sandi segera membahas dan menyelesaikan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun 2018 secara tepat waktu. Keterlambatan dalam pembahasan RAPBD 2018, dengan alasan apapun akan menjadi preseden buruk dan memulai tradisi melanggar regulasi perundangan.

“Apabila dalam pembahasan diperlukan penyesuaian dengan visi dan misi yang baru, sebaiknya tidak lebih dari 50 persen dalam melakukan perombakan RAPBD 2018,” kata Syaiful.

Tidak kalah penting, perlu dijalin komunikasi dengan semua elemen masyarakat yang selama ini selalu memberikan masukan, saran dan kritik terhadap pembangunan Jakarta. Elemen masyarakat itu antara lain dari kalangan pers, tokoh masyarakat, LSM, akademisi, mahasiswa, termasuk dengan cagub-cawagub yang tidak terpilih.

Sementara itu Gubernur Terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengajak warga ibu kota untuk menyikapi kemenangannya dengan bijak.

“Khususnya kepada semua pihak yang dulu mendukung kami, mari kita tampil sebagai pemenang yang mengayomi,” ujar Anies, di Jakarta Timur, Kamis (12/10)

Mantan Menteri Pendidikan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu memulai langkah perjuangan yang sesungguhnya. “Mari kita tunaikan janji-janji yang telah ditunggu-tunggu oleh warga Jakarta,” ujar dia.

Perjuangan panjang untuk lima tahun ke depan akan segera dimulai. “Ini bukan perjuangan dua orang saja, Anies dan Sandi, melainkan perjuangan bersama yang melibatkan seluruh stake holder di Jakarta. Bapak dan Ibu sekalian kalau nanti ada janji yang terlupa, tolong diingatkan agar bisa direalisasi,” ujar Anies.(jpg/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *