Jelang Pemilu, 15 Parpol Sudah Mendaftar, Cek Daftarnya Disini

GORONTALO, hargo.co.id – Seminggu pasca dibuka 3 Oktober lalu. Pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu tak gegap gempita. Buktinya, saat ini baru 15 parpol yang mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Padahal, jumlah parpol berbadan hukum yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham dan berhak mengikuti Pemilu sebanyak 73 parpol.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), hingga Senin (9/10) pukul 14.31, 15 parpol yang telah mendaftar diri sebagai peserta Pemilu didominasi partai lama (peserta Pemilu 2014).

Untuk partai baru yang terdaftar tercatat ada enam partai. Masing-masing Partai Berkarya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Republik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sementara itu kemarin (9/10), Partai Perindo secara serentak memasukkan dokumen pendaftaran di KPU kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. Adapun dokumen yang disampaikan berupa daftar anggota, daftar pengurus serta salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu menjadi partai pertama yang menyerahkan dokumen pendaftaran ke KPU.

Partai yang sudah mendaftar

Hanya saja ada dokumen yang harus diperbaiki. Seperti di Kota Gorontalo. Data jumlah KTA yang dimasukkan dengan data di Sipol terdapat perbedaan. Sehingga KPU Kota Gorontalo meminta DPD Perindo Kota Gorontalo memperbaiki dan memasukkan kembali dokumen.

“Jumlah KTA yang diserahkan sebanyak 301. Sedangkan yang tercatat pada Sipol 241. Sehingga berkas yang dimasukkan dikembalikan untuk diperbaiki kembali,” ujar Plt Ketua KPU Kota Gorontalo Salihun Ino Ischak.

Ketua DPD Perindo Kota Gorontalo Mokhamad Rasul Taufik Ishak mengatakan, pendaftaran dan penyerahan berkas Perindo ke KPU, dilakukan serempak se-Indonesia.

“DPP tadi sudah melakukan pendaftaran di KPU RI tepat pukul 11.00 WIB, dan kemudian diikuti oleh kami sesuai perintah Pak Harry Tanoe dilakukan secara serempak se-Indonesia,” terangnya.

Pemasukan berkas pendaftaran juga dilakukan DPD Perindo Bone Bolango. Ketua DPD Perindo Bone Bolango Ibrahim Ntau bersama Ketua DPW Perindo Gorontalo Yacob Tangahu datang membawa berkas pendaftaran ke KPU Bonbol.

Tak jauh berbeda dengan di Kota Gorontalo. Berkas pendaftaran yang disampaikan DPD Perindo Bonbol masih perlu dilengkapi kembali.

“Ada kelengkapan berkas hardcopy dan softcopy yang masih kurang. Sehingga kami kembalikan untuk dilengkapi,” ungkap Ketua KPU Bone Bolango Darwis Hasan.

Meski masih memiliki kekurangan, Darwis mengapresiasi langkah Perindo yang datang memasukan berkas pendaftaran di masa awal pendaftaran.

“Kami sudah berusaha mengimbau partai-partai lain jangan di injury time, supaya ketika ada kekurangan masih punya tenggat waktu perbaikan,” jelas Darwis.

Sementara Ketua DPD Perindo Bonbol Ibrahim Ntau mengaku, kekurangan yang akan dilengkapi bukan kendala berarti. Pasalnya, kekurangan tersebut tinggal disesuaikan kembali.

“Tadi terkait Data Sipol dan KTA. Segera akan kita perbaiki baik di tingkat Kabupaten sampai di kecamatan,” jelas Ibrahim.

Ibrahim optimis partainya sudah siap menjadi peserta pemilu di 2019 nanti. “Oh kita Siap, Siap sekali dan sangat siap. Kita sudah siap dari berkas dan kader sudah juga disiapkan, pokoknya Perindo sudah siap tampil kalau perlu besok-besok saja pemilunya,” ujarnya penuh optimis.

Terpisah, Ketua DPW Perindo Yakob Tangahu mengaku hadir dalam rangka mendampingi pendaftaran ke KPU. Hal itu sesuai perintah pengurus Pusat yang dilakukan serentak seluruh Indonesia pada awal pekan ini.

“Kita ambil waktu sekarang karena ketika ada perbaikan maka kami siap masih banyak waktu yang bakal kami siapkan kembali, dan kami siap tampil sebagai peserta,” pungkas Yakob. (tr-45/csr/rmb/hargo)

 

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →