Jelang Unas, Weni Liputo: Meski Tak Menentukan Kelulusan, Siswa Wajib Tanamkan Nilai Kejujuran

Pendistribusian naska Unas di Kabupaten/Kota Gorontalo, Jumat (2/4). (Foto Natha Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Distribusi naskah soal unas jenjang SMA sederajat ke kabupaten/kota dilangsungkan Jumat (1/4).

Untuk Kota Gorontalo jumlah naskah yang dikirim sebanyak 33 dos. Kabupaten Gorontalo 82 dos, Boalemo 36 dos, Pohuwato 59 dos, Bone Bolango 45 dos serta Gorontalo Utara 42 dos.

Naskah soal unas tersebut didistribusikan dari gudang penyimpangan BPKP Provinsi Gorontalo di Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Kepala dinas pendidikan kebudayaan provinsi Gorontalo Weni Liputo mengatakan, pendistribusian soal Unas tahun ini tak ada masalah.

“Untuk Kabupaten Pohuwato mungkin sore baru tiba di sekolah, sebab akses yang jauh menjadi masalahnya. Sementara untuk penyimpanan soal itu tergantung kebijakan sekolah, apakah akan disimpan di Polsek terdekat atau di sekolah itu menjadi kebijakan sekolah,” ucap Weni Liputo.

Mantan penjabat Walikota Gorontalo itu berharap meski Unas tak menentukan hasil dari kelulusan siswa dapat menjawab soal-soal secara jujur.

“Hasil jawaban dari siswa juga menentukan indeks prestasi Gorontalo. Jika siswa mau berperilaku jujur, maka indeks yang dulu bisa menjadi lebih baik lagi. Dan kejujuran menjadi penting dan harus ditanam dalam diri setiap peserta Unas,” tegas Weni.

Sementara itu di Bone Bolango, naskah unas dititipkan di masing-masing Polsek. Salah satunya di Polsek Kabila. Pengamanan naskah unas diperketat.

“Ruang polsek dilengkapi kamera CCTV. Untuk itu, tidak ke khawatiran dalam mengamankan kertas Unas,” Iptu Abdul Wahab.

Sekretaris Dinas Dikbud Bonbol Abdul Muthalib Adam mengatakan, ada dua sekolah yakni SMA di Kecamatan Pinogu dan Bulango Ulu belum mengikuti unas.

Lantaran ke dua sekolah itu belum ada yang duduk di kelas tiga. “Untuk SMK juga ada dua sekolah yang belum bisa ikut. Keduanya SMK Bulango Selatan dan SMK Kesehatan Prima Fera, juga karena belum memiliki siswa kelas tiga,” katanya.(wan/tr-49/tr-50/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →