Jika Tak Ingin Diet Gagal, Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Ilustrasi (PopSugar)

Hargo.co.id – Banyak orang melakukan diet super ketat melalui olahraga maupun pengaturan pola makan untuk menghasilkan bentuk tubuh yang sempurna. Tapi, apakah cara yang dilakukan untuk menurunkan bobot tubuh sudah benar?

Untuk menurunkan berat badan, menghindari makanan manis berlebihan dan rajin berolahraga memang diperlukan. Tapi, teknik diet yang tidak tepat justru bisa jadi bumerang untuk diri sendiri. Dilansir dari PopSugar, Jumat (12/1), ada lima hal yang perlu dihindari ketika mencoba menghilangkan berat badan. Atau percobaan diet akan gagal.

1. Memiliki Waktu Berhenti Untuk Makan
Agar bobot tubuh berkurang, sering kali seseorang tidak makan jika sudah di atas jam 8 malam. Tapi ternyata itu bukanlah tindakan yang tepat. Makanan yang dimakan pada malam hari tidak otomatis disimpan sebagai lemak. Jam berapa Anda berhenti makan tidak ada hubungannya dengan berapa banyak berat badan yang akan Anda dapatkan atau hilang. Paling penting adalah menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Kalaupun ingin makan malam di atas jam 8, usahkan pilih makanan yang mudah dicerna.

Ilustrasi kalori seimbang

Ilustrasi kalori seimbang (ISTIMEWA)

2. Asupan Makanan
Ketika sudah berhasil menurunkan berat badan, kadang seseorang mulai lupa dengan keseimbangan asupan makanan seperti membatasi karbohidrta, gluten, gula dan makanan yang dipanggang seperti pizza. Ada baiknya seseorang tetap konsisten dengan membatasi diri melahap makanan tertentu. Karena, begitu kembali memakan makanan tersebut, berat badan yang hilang akan perlahan kembali.

3. Berlangganan Diet Rendah Lemak
Perlu diketahui, sebagian besar makanan rendah lemak dikemas dengan gula untuk menambah rasa. Akibatnya, makanan tersebut bisa menyebabkan kenaikan berat badan, terutama lemak perut.

Lebih baikn untuk mengonsumsi lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan yang sebenarnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan dapat membakar lemak perut. Lemak sehat bisa ditambahkan dalam menu makanan seperti ke dalam smoothie, campuran alpukat dengan sup, atau panggang/tumis sayuran dengan minyak zaitun.

4. Tidak Biarkan Tubuh Kelaparan
Kadang beberapa orang memilih untuk tidak makan agar berat badan bisa turun. Tapi langkah itu justru merugikan bagi tubuh. Untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu menciptakan defisit kalori. Bukan membiarkan diri kelaparan dengan tidak makan makanan yang cukup. Kelaparan tubuh bisa memperlambat metabolismenya dan menyebabkan makan yang berlebih nantinya.

Selain menerapkan pola makan yang lebih sehat secara umum, cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori adalah menemukan cara untuk membuat makanan sehat yang sesuai dengan selera. Memilih makanan berkalori rendah yang kaya serat, protein, atau biji-bijian, yang dapat lebih baik membuat Anda tetap kenyang.

5. Hanya berolahraga
Olahraga memang memegang peranan penting untuk menurunkan berat badan. Tapi, bukan berarti olahraga hanyalah satu-satunya yang bisa membentuk tubuh ideal. Kalau olahraga rutin tanpa dibarengi asupan kalori yang tepat, bobot tubuh tidak akan menyusut.

Ingatlah bahwa kecepatan 30 menit dengan laju enam mph (10 menit per mil) membakar sekitar 270 kalori. Agar kehilangan satu pon seminggu, seseorang perlu membakar atau memotong 500 kalori per hari. Sehingga, dengan dipotong kalori yang terbuang saat olahraga, seseorang perlu memangkas 220 kalori dari makanan.

Jadi itu berarti ditambah dengan latihan 30 menit Anda, Anda masih perlu memotong 220 kalori dari makanan Anda. Dengan fokus pada porsi makanan yang sehat sepanjang hari menjadi lebih penting daripada seberapa banyak berolahraga yang dilakukan.

(*/ana/JPC)