Kakao, Tanaman Primadona Warga Wonosari

Ratusan pohon kakao milik warga pelosok Desa Saritani Kecamatan Wonosari yang tetap menjadi promadona. ( Foto Felix Idrus / Gorontalo Post/hargo.co.id)

Hargo.co.id WONOSARI – Ternyata warga pelosok desa di Kecamatan Wonosari masih tetap mencintai kakao sebagai tanaman primadona di daerah. Bahkan tanaman tersebut sudah memberikan penghasilan bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan.

Salah satunya, tanaman kakao milik Muhammad Sali, warga Desa Saritani Kecamatan Wonosari. Kondisi tumbuh subur. Tak hanya itu, ia mengaku sudah membudidayakan komoditi unggul daerah itu jauh sebelum digeber menjadi program unggulan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boalemo.

“Saya melakukan kurang lebih sudah lebih dari 5 tahun belakangan, sebelum program kakao digulirkan saya sudah menanam terlebih dahulu.

Bahkan dengan tanaman kakao ini bisa panen hingga ratusan kilo, tentu kita tetap mendukung program kakao ini sebab sudah memberikan hasil kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain tanaman kakao masyarakat pelosok tersebut memiliki ribuan tanaman kopi yang tumbuh subur. Saat ini tercatat ada sekitar 4000 pohon kopi warga. “Sehingga selain varietas jagung kami memiliki tanaman kakao dan kopi yang saat ini tetap kami jaga dan pelihara,” tukasnya.(Tr-30/hargo)