Kalahkan Jepang 3-0, Susy Susanti Kaget

Susy Susanti (Dok PBSI)

Hargo.co.id – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengaku tak menyangka tim putra Indonesia mampu menekuk Jepang tanpa balas dengan skor 3-0 di perempat final Kejuaraan Asia Beregu 2018, Jumat (9/2).

“Kami tidak memprediksi menang langsung 3-0. Kalaupun menang mungkin 3-1 karena lawan Jepang itu tidak mudah. Para pemainnya ulet dan ngotot,” ujar Susy.

Dari kemenangan tadi, Susy menilai bahwa para pemain tunggal putra mulai bisa diandalkan. “Sebelumnya ganda lebih diandalkan, tetapi sekarang imbang lah. Tunggal putra juga bisa menyumbangkan angka,” kata Susy.

Keterkejutan Susy juga didasari karena tim ganda putra Indonesia tidak turun dalam formasi lengkap lantaran salah satu pemain andalan, Marcus Fernaldi Gideon mengalami cedera perut.

Menduetkan Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan Mohammad Ahsan diakui Susy ternyata merupakan strategi yang cukup manjur meskipun mereka sempat menelan kekalahan dari India.

“Inilah satu kelebihan ganda putra Indonesia. Walaupun pasangan diacak, tapi tidak merasa asing karena sering latihan bersama. Sehingga kalau ada salah satu yang kurang fit, kami tidak terlalu khawatir,” kata Susy.

Terkait kondisi Marcus, Susy membenarkan bahwa cederanya belum pulih benar. “Masih belum pulih, tapi dibilang cedera berat sekali juga tidak. Kami hanya tidak mau mengambil risiko,” kata Susy.

Kemenangan hari ini atas Jepang pun membuat Susy optimistis Merah Putih bisa meraih kemenangan lagi saat berjumpa Korea Selatan di babak semifinal. Keyakinan yang sama juga dilontarkan untuk tim putri yang akan melawat Jepang. “Peluang selalu terbuka. Kami akan kerja keras,” kata Susy.

(ce1/kar/JPC/hg)