Kantongi 8 Kursi, IQRA Aman ke Pilkada

Indra yasin

Hargo.co.id Gorontalo – Dari tiga kontestan calon yang digadang ke Pilkada Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), baru satu pasangan calon yang dipastikan aman untuk melenggang ke pentas suksesi. Yaitu pasangan Indra Yasin-Thariq Modanggu.

Pasangan ini telah mendapatkan dukungan partai di DPRD Gorut dengan jumlah 8 kursi atau telah melampaui jumlah minimal yang disyaratkan yaitu lima kursi.

Parpol di DPRD Gorut yang final telah memberikan dukungan untuk pasangan Iqra yaitu PKS dengan dua kursi, lalu PPP dan PDIP masing-masing tiga kursi. Selain tiga partai itu, duet Iqra juga mendapatkan dukungan partai non parlemen yaitu Partai Nasdem.

Sehingga total sudah ada empat partai yang resmi telah memberikan dukungan. Partai pertama yang secara resmi memberikan dukungan adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Meski partai ini tidak memiliki kursi di parlemen, namun punya infrastruktur partai yang cukup solid ditingkat bawah.

Selanjutnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan dua kursinya di DPRD Gorut.

Menyusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memiliki tiga kursi dan terakhir PDIP pemilik tiga kursi di parlemen Pantura. “Alhamdulillah, dari segi syarat pencalonan telah terpenuhi,” terang Djafar Ismail, Ketua DPC PDIP Gorut yang juga motor penggerak koalisi parpol Iqra, kepada Gorontalo Post, Senin (11/12).

Menurut Djafar, meski telah memenuhi syarat pencalonan, namun pihaknya tetap melakukan komunikasi lintas partai untuk dapat bersama di Pilkada 2018 mendatang. Diantaranya adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat dan juga Partai Amanat Nasional (PAN).