Kepala Daerah Gorontalo Tak Masuk Kategori Inspiratif

Mendagri Tjahjo Kumolo.

JAKARTA Hargo.co.id – Sebanyak 21 kepala daerah mendapatkan penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah dari Pusat Kajian Keuangan Negara (Pusaka Negara). Penghargaan itu bertepatan dengan momentum 21 tahun pelaksanaan Otonomi Daerah.

Dari deretan kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan, tak satupun dari Provinsi Gorontalo. Padahal, di daratan Sulawesi, ada sejumlah kepala daerah yang menerima, misalnya Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Untuk Walikota, diraih Walikota Palu Hidayat dan Walikota Bitung M.J Lomban. Sementara Bupati di Sulawesi yang menerima penghargaan kepala daerah inspiratif adalah Bupati Banggai Herwin Yatim, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dan Bupati Buol Amirudin Rouf.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara Prasetyo mengatakan ke-21 kepala daerah yang dimaksud dipandang memiliki inovasi, terobosan, dan gagasan. “Mereka pantas diberikan apresiasi karena mampu mengimplementasikan gagasan ke dalam kebijakan pembangunan. Hasilnya pun dapat dirasakan secara nyata baik secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat,” ujar Prasetyo di Redtop Hotel, Jakarta, Kamis (15/6), pekan lalu.

Prasetyo mengatakan melalui semangat Nawacita Presiden Jokowi membangun Indonesia dari daerah dan pinggiran, Pusat Kajian Keuangan Negara memberikan apresiasi itu sebagai wujud penghargaan agar para kepala daerah terus semangat dalam mengabdi kepada masyarakat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah tahun 2017 kepada 21 kepala daerah di Indonesia. Tjahjo mengapresiasi pemberian penghargaan tersebut dan mendoakan para kepala daerah terus meningkat kariernya.

Mendagri berpesan kepada para kepala daerah untuk terus mengejar mimpinya, jangan hanya puas dengan jabatannya saat ini. Para kepala daerah diminta Tjahjo mengadaptasi perjalanan Presiden Jokowi, dari menjadi wali kota, gubernur, hingga menjadi presiden. (jpg/hargo)