Kepo Banget Sih!!

Hargo.co.id, ZETIZEN – Hallo Zetizen Gorontalo, apa kabar? Bagaimana hubungan dengan teman? Semoga baik ya. Anyway, Zetizen Gorontalo punya teman yang gemar urusin privasi orang lain enggak?  Kalau punya, bete gak sih sama teman yang kayak begini? Sukanya urusin privasi, ingin  tahu hal-hal yang bersifat pribadi, bahkan ingin sok mengatur apa yang boleh dan tidak kita lakukan. Hallooo, kepo banget sih!

Tapi Zetizen Gorontalo tahu tidak? Sebenarnya mereka yang suka kepo dan ribet ngurusin urusan orang lain ini ternyata punya sebabnya loh!

1. Minim empati dan apresiasi.

2. Beranggapan bahwa mengurusi privasi orang lain itu demi ‘keselamatan’ atau ‘kebaikan’ bersama.

3. Standar normanya dianggap standar tunggal, sehingga cenderung mengabaikan  nilai-nilai yang diyakini orang lain.

4. Menanggap privasi orang di dunia maya sebagai urusan umum, termasuk dirinya.

5. Cenderung narsistik, manipulatif, dan kurang sadar diri. (hargo/ZT-11)

Fatra Mohamad Hilamuhu
Kebidanan, Poltekes Kemenkes Gorontalo

Mengurusi Sampai Mengusik

Orang itu dikatakan kepo pada saat ia ingin tahu masalah orang lain. Kenapa mereka bisa jadi kepo? Karena mereka peduli sama kita, masalah-masalah kita, mungkin. Bisa jadi juga mereka butuh inspirasi. Makanya sering mengurusi hidup orang lain. Enggak sekadar mengurusi malah bisa sampai mengusik hidup orang lain karena tindakan-tindakan mereka. (ZT-10)

Clara Sakti Syafrudin
Kebidanan, Poltekes Kemenkes Gorontalo

Serba-Serbi Kehidupan Orang

Kebanyakan orang sering menggunakan kata KEPO untuk mendeskripsikan sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Seperti ingin tahu serba-serbi dari kehidupan orang tersebut. Segala macam cara ia lakukan untuk mendapatkan informasi yang ia inginkan. Menurut aku sendiri enggak apa-apa dia kepo asal jangan sampai menjatuhkan citra diri aku dengan menyebarkan banyak hal-hal negatif. (ZT-10)

Nurlaila Abay
Universitas Negeri Gorontalo

Ada Rasa Cemburu

Aku kurang suka dengan orang yang cari-cari tahu tentang kehidupan orang apalagi diri sendiri. Kurang senang aja sih, biasanya mereka ingin cari tau lebih tentang kehidupan kita dan itu berarti ada rasa kecemburuan. (Zt-07)