Kesehatan Prima Modal Kesempurnaan Ibadah Haji

Ilustrasi

Hargo.co.id – Kesehatan adalah modal yang sangat penting untuk menunaikan ibadah haji/umroh. Agar tetap sehat dan kuat selama menjalankan ibadah haji,persiapkan fisik sebaik mungkin.

Melakukan Check up kesehatan sebelum berangkat ketanah suci sangat penting karena berguna untuk menentukan apakah calon jemaah haji memenuhi syarat kesehatan dan bila ada kelainan atau gangguan calaon jamaah haji dapat melakukan pengobatan secepatnya,demikian penjelasan Hariadi Cengi,S.KM.,M.M kepala laboratorium klinik Prodia Gorontalo.

Laboratorium klinik prodia menyediakan beberapa panel pemeriksaan sebagai panduan untuk mempermudah dokter/pelanggan dalam menentukan jenis pemeriksaan yang sesuai.panel ini sifatnya tidak mengikat,tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing calon jamaah haji.

Umumnya pemeriksaan meliputi kelainan darah dan infeksi,golongan darah dan rhesus, gangguan disaluran kemih,fungsi hati/lever,gula darah puasa, profil lipid/kolesterol,fungsi ginjal,asam urat,kelainan jantung dengan pemeriksaan EKG,kelainan paru-paru dengan foto toraks,tes kehamilan bagi wanita usia subur .

Bagi masyarakat calon jamaah haji yang ingin melakukan check up kesehatan,sebaiknya mengikuti petunjuk persiapan sebelum pemeriksaan untuk memperolah hasil yang akurat sebagai berikut : puasa dilakukan selama 12 jam dimulai sejak malam hari hingga waktu pengambilan darah,minum air putih tetap diperbolehkan,hindari merokok,olahraga atau melakukan latihan fisik sebelum pengambilan darah,jika memungkinkan berhenti minum obat 4 – 24 jam sebelum pengambilan darah,jika ada obat yang diminum informasikan kepada petugas Prodia,jangan berpuasa lebih dari 14 jam,untuk pemeriksaan rekam jantung dan foto toraks tidak ada persiapan khusus.

Hariadi juga memberikan tips agar sehat selama melaksanakan ibadah haji yaitu calon jamaah haji sebaiknya mempersiapakan diri terhadap perubahan cuaca misalnya dengan membawa masker,kipas atau semprotan air,kaca mata hitam,pelembab kulit dan bibir,persiapkan obat-obatan pribadi,tetap minum walaupun tidak haus guna menghindari dehidrasi,makan yang cukup perbanyak konsumsi buah segar,istrahat yang cukup,olahraga ringan setiap hari dan senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan,semoga menjadi haji mabrur.

Informasi kesehatan ini dipersembahkan oleh Laboratorium Klinik Prodia Cabang Gorontalo Telp 0435-826246 HP 085394781515 atau kunjungi www.prodia.co.id