Ketapel Bubuk Cabai, Senjata Baru Polisi India

ilustrasi dok: JPNN.COM

Hargo.co.id NEW DELHI – Polisi di India memiliki senjata terbaru untuk membubarkan aksi massa. Bukan water cannon generasi terbaru atau alat canggih lainnya. Senjata tersebut hanyalah ketapel. Yang membuat si ketapel istimewa adalah pelurunya. Ketapel untuk mengusir demonstran itu akan diisi bubuk cabai. Jika massa belum mau bubar juga, pelurunya diganti kelereng.

Kebijakan baru tersebut akan berlaku khusus di Negara Bagian Haryana, India. Biasanya polisi menggunakan water cannon, gas air mata, atau pentungan untuk membubarkan massa yang tidak terkendali.

Namun, tiga senjata tersebut membutuhkan biaya cukup banyak serta kerap menuai protes lantaran membuat demonstran mengalami luka-luka. Nah, ketapel bubuk cabai itu dinilai tepat digunakan karena tidak mematikan.

’’Plus senjata ini lebih baik daripada menembakkan peluru plastik yang bisa mengakibatkan luka parah,’’ ujar Inspektur Jenderal Polisi Distrik Hisar Anil Kumar Rao, Rabu (10/2).

’’Senjata ini hanya digunakan untuk kasus darurat. Jadi, kami bisa meminimalkan kerusakan,’’ tambah polisi yang memunculkan ide ketapel bubuk cabai tersebut.