KLH Prakarsai Aksi Bersih Selokan

0
Selokan yang ada di Perumahan di Kecamatan Tilamuta dalam kondisi kering, Rabu (3/1). ( Foto Felix Idrus / Gorontalo Post/hargo).

Antisipasi Kasus Luar Biasa Penyakit DBD

TILAMUTA-Kasus luar biasa penyakit demam berdarah atau DBD yang melanda hampir semua daerah, menarik perhatian khusus pemerintah daerah Boalemo. Melalui Kantor Lingkungan Hidup, pemerintah melakukan aksi bersih titik – titik yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya jentik-jentik nyamuk seperti selokan dan daerah aliran sungai lainya.

Sebagaimana dilakukan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Boalemo, kemarin. Menurut kepala Kantor Sofyan Hasan, bahwa di Kabupaten Boalemo kondisi selokan dalam keadaan kering, sehingga tidak ada potensi berkembangnya jentik nyamuk.

Meski demikian, KLH tetap berinisiatif melakukan aksi bersih selokan. “Wabah penyakit DBD tentu dengan adanya selokan yang tergenang air, menjadi tempat bersarangnya nyamuk sehingga bisa menularkan penyakit DBD lewat gigitan. Di Boalemo itu sendiri dalam kondisi aman dari DBD, apalagi jika kebersihan lingkungan dilakukan secara rutin oleh petugas kebersihan,” kata Sopyan.

Sementara pantauan Gorontalo Post selokan-selokan di pusat Kota Tilamuta dalam kondisi kering akibat musim kemarau yang melanda daerah belakangan.

Seperti halnya selokan-selokan yang ada di pusat perumahan di wilayah Tilamuta yang bisa menimbulkan genanganan, seluruhnya dalam kondisi aman. “Untuk saat ini di Boalemo sendiri dalam kondisi bersih dengan dilakukan pembersihan lingkungan oleh SKPD terkait,” ungkap Warga. (Tr-30/hargo)