Kondisi Terakhir Jupe Setelah Mengalami Penurunan

0
JAGA: Julia Perez dibawa untuk menjalani cuci darah akhir pekan lalu. (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Hargo.co.id –  Setelah mengalami penurunan kesehatan selama beberapa hari, keadaan Julia Perez kini jauh lebih baik. Hal itu diungkapkan salah seorang adik Jupe, Della Wulan.

Keluarga tidak pernah meninggalkan Jupe sendirian. Selama 24 jam mereka bergantian menjaga pedangdut 36 tahun itu. ’’Sekarang sudah mendingan banget,’’ kata Della di Gedung A RSCM, Jakarta Pusat, kemarin (24/4).

Della menjelaskan, Jupe mulai bisa diajak berbincang. Walaupun belum lancar, itu sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya. Beberapa kali pula Jupe yang menderita kanker serviks stadium 4 terbangun saat malam dan mengajak mengobrol.

’’Kalau malam dia buka mata, aku nggak tidur. Dia maunya ngobrol. Jadi, ya sudah, aku ajak ngobrol tiap malam. Kalau siang dia tidur, lebih banyak bangun waktu malam,’’ jelas Della.

Dia menambahkan, pola tidur Jupe terbalik akibat pengaruh obat. Selama ngobrol, yang sering ditanyakan Jupe adalah keluarganya. Terutama ibu dan adik-adiknya.

Selain bisa berkomunikasi, cara Jupe makan mulai meningkat. Jika sebelumnya hanya disonde, kini Jupe mulai sedikit-sedikit disuapi air. Biasanya, Della menyuapkan air zamzam untuk kakaknya. Misalnya enggan makan, penyanyi Belah Duren itu harus makan dengan menggunakan slang.

Della semakin bahagia karena ingatan kakaknya juga semakin baik. Jupe ingat semua anggota keluarganya. Jupe juga mengingat para sahabatnya. Itu kemajuan pesat lantaran sebelumnya dia seperti tidak bisa mengenali orang.

Sejauh ini, tindakan yang dijalani Jupe hanya cuci darah. Kemarin (24/4) dia kembali menjalani prosedur itu sejak pukul 13.00 hingga sekitar pukul 18.45. Ketika kembali ke kamar, wajahnya ditutupi bantal.

’’Pokoknya kakakku sedah sehatan. Makanya doain. Kan memang kondisinya naik turun, ya,’’ ucap Della. ’’Paling panas demamnya aja yang suka kambuh. Biasanya kalau habis tindakan (cuci darah, Red), kadang-kadang demam, panas, terus turun lagi,’’ jelasnya.

Kemarin Jupe menerima kunjungan dari Untung Sulasdendy, manajernya saat kali pertama memasuki dunia hiburan pada 2004. Pria yang mengenal Jupe sejak pedangdut itu berumur 15 tahun mengatakan, kondisi Jupe semakin baik. ’’Dia itu memang superwoman sekali,’’ ucap Untung saat dijumpai di lobi Gedung A RSCM.

Bagi Untung, Jupe sudah menjadi seperti adik sendiri. Dia bersyukur penyanyi yang ditanganinya hingga 2009 itu mengenali satu per satu orang yang menjenguknya.

’’Terima kasih sekali dia sudah bisa berinteraksi walaupun masih terbata-bata. Termasuk saya, nama saya dipanggil. Sangat mengharukan,’’ katanya berbinar. Menurut dia, Jupe telah melewati masa kritis. (glo/c19/na/hg)