KPU Minta Parpol Seriusi Perbaikan Administrasi

Komisioner KPU Kota Gorontalo saat menyerahkan berkas hasil verifikasi administrasi Parpol calon Peserta Pemilu 2019, (F. Tiar/ Humas KPU Kota Gorontalo)

GORONTALO, Hargo.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo kembali mengingatkan sembilan partai politik (Parpol) yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi untuk melengkapi berkas administrasinya selama waktu perbaikan diberikan.

Karena nantinya jika dalam waktu perbaikan diberikan, kemudian parpol tidak memperbaiki kelengkapan berkas keanggotaanya, maka kesempatan bagi partai tersebut untuk bersaing di Pemilu 2019 akan terancam gagal.

Hal ini seperti yang ditekankan langsung Ketua KPU Kota Gorontalo, La Aba, S.Pd M.Pd belum lama ini. La Aba mengatakan, pada prinsipnya KPU selama melaksanakan verifikasi administrasi kemarin, sudah berperdoman pada ketentuan yang berlaku.

“KPU Kota Gorontalo meneliti dokumen persyaratan dan salinan bukti keanggotaan politik calon peserta pemilu,” ujarnya. Pihaknya sebelumnya telah menerima daftar nama anggota partai politik dari hasil analisis dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan tidak memenuhi syarat yang dilakukan oleh KPU.

“Kami telah melakukan penelitian dengan cara mencocokkan hardcopy salinan KTA dan salinan KTP Elektroni/ Surat keterangan dengan Softcopy yang terdapat dalam Sipol,” terangnya.

Hasilnya, Sejumlah temuanpun didapatkan oleh KPU, baik terkait keanggotaan ganda hingga ditemukannya KTP berstatus PNS dalam data keanggotaan partai politik. Hal inilah yang kemudian membuat berkas administasi sembilan parpol dinyatakan belum memenuhi syarat dan harus diperbaiki.

Beruntung kemudian, dalam ketentuan, usai verifikasi administrasi, setiap parpol masih diberikan waktu untukĀ  melakukan perbaikan. “Kalau dalam waktu perbaikan tetap tidak lengkap, maka mohon maaf kalau akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tegasnya.

Oleh karena hal inilah, KPU meminta kepada kesembilan partai politik untuk lebih teliti dalam waktu perbaikan adminisrasi nanti, agar keseluruhan partai itu bisa lolos dalam verifikasi administrasi.

“Selain teliti, perbanyak koordinasi, kami KPU terbuka jika ada yang ingin berkoordinasi dengan kami, karena pada prinsipnya KPU adalah melayani,” tambah pria murah senyum itu.

Sebelumnya, dari 17 partai politik yang memasukkan berkas administasi ke KPU Kota Gorontalo, sembilan partai dinyatakan belum memenuhi syarat dan perlu melakukan perbaikan.

Sementara untuk delapan partai lainnya sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Ironisnya, dari sembilan partai yang dinyatakan belum memenuhi syarat itu, lima diantaranya adalah partai besar, yang selama ini mejadi langganan mengikuti Pemilu. (tr-45/hg)