KPU Periksa Ulang Berkas Perbaikan Parpol, La Aba: Putusan Penelitian Administrasi Pekan Depan

GORONTALO, Hargo.co.id – Setelah sebelumnya diberikan waktu untuk memperbaiki ulang berkas kelengkapan pendaftaran keikutsertaan Pemilihan umum 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo mulai melakukan penelitian ulang berkas perbaikan pendaftaran milik parpol peserta pemilu.

Tak hanya meneliti ulang, KPU juga melakukan klarifikasi kembali di lapangan terkait kebenaran kepemilikan kartu anggota masing-masing paratai politik di Kota Gorontalo.
Kepada Gorontalo Post, kamis (7/12) kemarin, Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba, S.Pd M. Pd mengungkapkan, penelitian administrasi untuk partai calon peserta pemilu dan sembilan parpol yang mendapat kesempatan ulang mendaftar di KPU saat ini terua dilakukan.

Semua tahapan penelitian berkas perbaikan sama persis dengan tahapan penelitian kelengkapan administrasi tahap awal, yang sebelumnya telah dilakukan dan hasilnya sudah diserahkan ke parpol.

Hanya saja, untuk tahap perbaikan ini jika masih ada yang ditemukan ganda atau tidak memenuhi syarat yanh ditentukan, secara otomatis partai itu akan langsung dinyatakan tidak lolos tahap verifikasi administrasi dan tidak berhak mengikuti tahapan verifikasi faktual.

“Tidak ada lagi perbaikan berkas setelah dilakukan penelitian administrasi perbaikan ini, “tegasnya. Olehnya La Aba menekankan, kedepan pihaknya tinggal fokus untuk melakukan verifikasi faktual bagi partai yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

“Saat ini tim verifikasi administrasi tengah melakukan klarifikasi langsung dilapangan tentang kebenaran berkas administrasi yang sebelumnya sudah diperbaiki oleh masing-masing parpol,” terangnya.
Hasil verifikasi administrasi ini sendiri menurut La Aba, akan segera diumumkan 11 Desember 2017 mendatang.

“Hasilnya bisa diketahui pekan depan, nanti pasti akan kita umumkan,” terangnya. Lebih lanjut La Aba juga menekankan pihak KPU pada dasarnya melakukan setiap tahapan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dengan jujur dan terbuka.

“Tidak ada keberpihakan, mau partai baru atau lama, kalau memang tidak memenuhi syarat kita akan tindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandasnya. (tr-45/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *