KPU Terima Enam Berkas Parpol, Tiga Parpol Terancam Tidak Ikut Pemilu

PENGURUS Partai Bhineka Indonesia (PBI) Kota Gorontalo saat mendatangi KPU Kota Gorontalo terkait pemasukan ulang berkas administrasi Parpol syarat pendaftaran calon peserta pemilu 2019, rabu (22/11).

PENGURUS Partai Bhineka Indonesia (PBI) Kota Gorontalo saat mendatangi KPU Kota Gorontalo terkait pemasukan ulang berkas administrasi Parpol syarat pendaftaran calon peserta pemilu 2019, rabu (22/11).

Gorontalo, Hargo.co.id – Sebanyak enam partai politik (parpol) kembali menyerahkan dokumen pendaftaran calon peserta pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, rabu (22/11).

Diterimanya kembali pendaftaran dari sembilan parpol yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi kelengkapan dokumen pe r sya ratan te r sebu t, merupakan pelaksanaan dari putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) RI, dan edaran KPU nomor 205, pada Kamis (16/11) kemarin.

Empat parpol ini merupakan bagian dari sembilan parpol yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos administrasi parpol calon peserta pemilu 2019 oleh KPU RI. Sembilan parpol ini antara lain, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Bulan Bintang (PBB), PPPI, Partai Idaman, Partai Bhineka, Parsindo, PIKA dan PKPI.

Kesembilan partai ini memenangkan sidang dugaan pelanggaran administratif pemilu oleh KPU RI. KPU RI pun diperintahkan untuk menerima pendaftaran dan menindaklanjutinya ke tahapan penelitian administrasi. “Hari ini bukan pendaftaran, tetapi menyerahkan kembali dokumen pendataran untuk diperiksa.

Bunyi amar putusannya Bawaslu seperti itu. Terima dan kemudian diperiksa kembali,” Ujar PLH Ketua KPU Salihun Ino Ischak rabu (22/11) kemarin.

Sayangnya menurut Salihun, dari sembilan partai politik yang diber i kan waktu memasukkan ulang berkas, hingga pukul 24.00 wita, baru ada enam partai yang memasukkan berkas ulang ke Kantor KPU Kota Gorontalo, diantaranya PBB, Partai Rakyat, Partai Republik, PBI, Partai Idaman dan PKPI. Salihun juga mengatakan, penelitian administrasi dijadwalkan dimulai pada besok Selasa (21/11) hingga Kamis (30/11). (tr-45/hargo)