Krisis Air, PDAM Klaim Sudah Maksimal

SUDAH MAKSIMAL - Armada PDAM Kota Gorontalo mendistribusikan air kepada warga Kelurahan Tanjung Kramat. Dijadwalkan akhir Oktober ini mesin pompa baru akan tiba dari Singapura khusus untuk untuk distribusi air ke wilayah Tanjung Kramat.

Hargo.co.id Gorontalo – Krisis air yang dialami ratusan warga Kelurahan Tanjung Kramat, Dumbo Raya, Kota Gorontalo, dibantah tegas PDAM.  Direktur PDAM Kota Gorontalo, Isman Darise menegaskan, sejauh ini pelayanan air untuk 196 pelanggan PDAM di wilayah Tanjung Kramat Gorontalo sudah dilakukan secara maksimal.

Bahkan, sejak terjadi kerusakan instalasi air menuju Tanjung Kramat, pihaknya sudah mengantisipasi kebutuhan air oleh pelanggan dengan memberikan layanan air bersih bagi pelanggan PDAM secara gratis.

Kerusakan instalasi air ini sendiri memang diakui oleh pihak PDAM. Hanya saja mengenai keluhan warga tentang kurangnya pelayanan, Isman punya jawaban sendiri. Menurutnya sejauh ini, sejak hari pertama rusaknya instalasi air, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar warga tetap mendapat layanan air dari PDAM. Hal ini dengan melibatkan armada PDAM Kota Gorontalo setiap harinya ke wilayah Tanjung Kramat.

“Airnya tidak kita jual, langsung kita salurkan secara gratis kepada para pelanggan kami,” ujarnya. Hanya saja menurut Isman, jika keluhan yang dimaksudkan adalah krisis air yang dialami oleh warga yang bukan pelanggan, pihaknya menolak disalahkan.

“Selama ini kita sudah pasok mobil tangki air ke Tanjung Kramat secara gratis, bahkan yang dilayani bukan cuma pelanggan kami tapi juga yang bukan pelanggan,” tegasnya.

Hanya saja, menurut Isman, mengenai dugaan kegiatan jual beli air oleh PDAM Bone Bolango (Bonbol), Isman menegaskan, dirinya sebelumnya memang menghubungi PDAM Bonbol untuk ikut membantu distribusi air ke Tanjung Kramat, karena PDAM Kota Gorontalo memang kekurangan armada. Namun, air yang disalurkan itu bukan untuk diperjualbelikan, melainkan untuk dibagikan secara gratis kepada pelanggan Tanjung Kramat.

Sementara itu, untuk upaya penyelesaian krisis air di tanjung kramat, Isman mengaku tidak akan bisa selesai kalau hanya dengan mengandalkan pasokan air dari tangki setiap harinya. Olehnya, untuk jangka panjang, pihaknya sudah mendatangkan pompa air terbaru dengan kapasitas lebih besar, untuk menyelesaikan permasalah air di Tanjung Kramat. “Kita sudah pesan pompa dengan kapasitas besar, dan sekarang sudah dalam perjalanan dari Singapura ke Gorontalo dengan kapal laut.

Insha Allah akan tiba dalam waktu dekat,” ujarnya. Lebih lanjut Isman mengatakan, jika pompa air ini telah tiba maka permasalahan air di Tanjung Kramat bisa terselesaikan. (tr-45)