Kue Kerawang, Kue Kering Unik Asal Serambi Madinah 

KET : Beberapa bentuk Kue Kerawang khas Gorontalo Sumber : Foto Instagram @verasoedjono dan @nana_shihab

hargo.co.id – Lebaran tinggal sembilan hari lagi nih. Tak lengkap rasanya kalau lebaran Zetizen tanpa kue kering yang sering dijumpai saat lebaran. Mulai dari kastengel, nastar, lidah kucing, putri salju, dll. Berbicara soal kue lebaran, Gorontalo punya nih kue kering khas yang hanya dimiliki di bumi Serambi Madinah (sebutan Gorontalo). Namanya kue Karawo (kerawang). Kue yang namanya sama seperti kain sulam khas Gorontalo ini ternyata punya keunikan sendiri. Yup, seperti layaknya kain sulam karawo yang harus membutuhkan ketelitian untuk mengerjakannya. Dalam pembuatan kue karawo pun membutuhkan teknik khusus untuk membuatnya.

“Sebenarnya untuk adonannya sama seperti kue kering lainnya, yang membedakannya hanya pada teknik melukisnya saja,” kata Rina Rahman salah satu pembuat kue kering Karawo.

Untuk mengukir satu biji Kue Karawo sang pembuat yang sudah profesional membutuhkan waktu 30-60 detik. Namun, jika kalian masih berada pada kategori pemula, melukis toping karawo bisa menghabiskan hingga 4-5 menit loh. Itupun hasinya belum tentu sesuai harapannya. Hehehe. Lumayan sulit juga yah!

Kesulitan melukis toping kue karawo juga ada tingkatannya loh.
“Jadi, kesulitannya terletak pada motif daun dan bunga yang ingin kita lukis pada toping kue karawo sendiri. Jika ingin lebih cantik lagi, tentunya kesulitannya pun semakin tinggi,” jelas Rina.

Eh iya, kue khas asal Gorontalo ini juga memiliki banyak peminat loh. Nggak heran orderan kue selama bulan Ramadan bisa sampai 80 toples perharinya.
“Untuk harga satuan toplesnya bisa sampai 300/toples. Yah, itu juga tergantung pada seberapa sulit kue tersebut dibuat,” tutup Rina. (ZT-06)

Kue Khas Lebaran Pilihan Zetizen

Nah, bicara soal kue kering nih pastinya Zetizen punya kue piliahnnya tersendiri bukan? Eits, tapi jangan keburu ngiler dulu yah. Hehe, masih puasa tau!

Well, kira-kira apa aja sih kue kering favorit Zetizen Gorontalo saat lebaran? (ZT-06/ZT-08)

Anggun Farwati M. Abdullah

 

Kue Rambutan

Aku suka Banget sama coklat. Makanya nggak heran kalau kue kering favorit aku adalah kue rambutan. Selain karena bentuknya yang bulat dan mungil kue ini punya citarasa coklat yang gurih banget. Apalagi dengan balutan coklat lumer serta missis. Hmm.. rasanya pengin nambah lagi dan lagi. Di samping itu, kue ini juga menjadi kue utama setiap idul fitri di rumahku loh. Pokoknya nggak seru kalo nggak makan kue rambutan ketika lebaran. (ZT-06)

Yuliza B. Leusa
Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo
@yulisaleusa

 

Kue Salju

Kue ini bentuknya unik, setiap lebaran rasanya kurang kalau nggak makan kue salju. Dengan ciri khas balutan gula halus bagaikan salju ini, bikin rasanya renyah, gurih dan manis banget. Pokoknya bikin nagih banget deh. Harganya juga terjangkau loh. Tapi biasanya sih, ibuku sering buat kue salju setiap idul fitri. Jadi bisa nambah sesuka hati deh. (ZT-06)