Kuota Perenang Lampung, Masih Bisa Bertambah

1

Hargo.co.id BANDARLAMPUNG – Pengurus Besar (PB) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) memutuskan kuota perenang yang tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat sebanyak 120 atlet.

Dari jumlah itu, Lampung memperoleh kuota tiga perenang. Hal itu disampaikan Sekum PRSI Lampung Ikkus Hermawan Sabtu(16/1).

’’Berdasar keputusan PB PRSI pada Selasa lalu (12/1), kuota perenang yang berhak tampil di PON 2016 sebanyak 120 atlet dan Lampung mendapat kuota tiga atlet,” ujarnya.

Namun, sambung Ikkus, tidak menutup kemungkinan kuota perenang untuk Lampung bertambah. Mengingat, kuota 120 perenang itu belum terpenuhi 100 persen. Masih ada tiket PON untuk 20 perenang. ’’Setelah keputusan PB PRSI itu, tahap selanjutnya penentuan perenang yang dikirim ke PON diserahkan kepada pelatih,” paparnya.

Terpisah, Umar Wardoyo dari tim pelatih renang Lampung menjelaskan, sementara ini tiga perenang yang dipersiapkan untuk PON XIX adalah Jodi, Halimatus Sa’diah, dan Yoga Lowisagita. Jodi diplot untuk nomor 50 meter dan 100 meter gaya pungggung, 50 meter dan 100 meter gaya bebas, serta 50 meter gaya kupu-kupu. Selanjutnya Halimatus, untuk nomor 50 meter dan 100 meter gaya dada, 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, serta 100 gaya bebas. Terakhir Yoga Loisagita, untuk nomor 50 meter dan 100 meter gaya dada, 50 meter dan 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 200 meter gaya ganti.

Umar melanjutkan pihaknya sudah menyusun program program pelatprov (pelatihan provinsi) untuk mereka. Salah satunya try out di Jawa Barat dan Jawa Timur. ”Try out akan dilaksanakan di Jawa Barat pada April. Dilanjutkan Jawa Timur pada Juli. Kedua provinsi itu dikenal memiliki perenang-perenang tangguh. Itu yang menjadi alasan kami memilih Jawa Barat dan Jawa Timur,” jelas Umar seraya mengungkapkan program-program itu telah disampaikan ke KONI Lampung. (ynk/c1/ewi/hargo)

1 KOMENTAR

Comments are closed.