Cuaca Phillip Island Tak Pas untuk Tes

rider - rider motogp dok: JPNN.COM

Hargo.co.id PHILLIP ISLAND– Hujan menyambut rider-rider MotoGP yang turun di hari pertama uji coba pra musim Phillip Island, Australia kemarin (17/2). Cuaca tak menentu ikut memengaruhi hasil adaptasi dengan sistem elektronik sekaligus ban baru.

Dua hari ke depan, cuaca di Phillip Island juga diprediksi tak menentu. Pada jam-jam awal dimulainya uji coba, sekitar pukul 13:00 hujan deras akan turun hari ini. Kemudian pada sore harinya kembali terang. Sedangkan Jumat akan terjadi hujan ringan pada siang hari dan terus berawan hingga sore, tanpa ada terik matahari.

Dengan kondisi tersebut hampir bisa dipastikan bahwa uji coba tidak akan berlangsung maksimal. Jika itu yang terjadi, kerugian akan menimpa Repsol Honda. Jika di Sepang mereka mengalami kesulitan dan tertinggal lebih dari satu detik di belakang Lorenzo, kini waktu mereka untuk memperbaiki catatan waktu terhalang hujan.

Jika di Phillip Island uji coba kemabli tidak bisa dimaksimalkan untuk menemukan setingan motor sesuai dengan sistem elektronik baru, kesempatan mereka memperbaiki keadaan hanya tinggal menunggu tes pra musim terakhir di Losail, Qatar 2-4 Maret.

Pada uji coba hari pertama kemarin, baik Marc Marquez dan Dani Pedrosa tak kalah terpuruknya dengan dua rival mereka Jorge Lorenzo atau Valentino Rossi. Pada penutupan sesi sore Marquez menduduki posisi 12 dengan selisih nyaris dua detik di belakang pembalap tercepat Movistar Yamaha Valentinto Rossi. Sementara Dani Pedrosa berada di posisi buncit, urutan 17 dengan jarak sekitar 6 detik di belakang Rossi. Lampu kuning untuk Honda.