Layanan Internet untuk Pendidikan Diperkuat, Kemenkominfo Ingatkan Sekolah Gunakan Program USO

Diskusi publik optimalisasi pemanfaatan akses internet sekolah melalui Internet Sehat dan Aman (INSAN), Kamis (9/3) di Grand Sumber Ria.

GORONTALO, Hargo.co.id – Minimnya realisasi program antara Kemkominfo dan Kemendiknas sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen PPI Kementerian Kominfo dengan Sekjen Kemendikbud NOMOR: 187/KOMINFO/DJPPI/KS.0 1.03/08/2015 dan NOMOR: 01/VIII/PKS/2015.

Maka Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo RI) bekerjasama dengan jajaran Dinas Pendidikan se provinsi Gorontalo melaksanakan Diskusi Publik dengan tema ‘Optimalisasi Pemanfaatan Akses Internet Sekolah melalui Internet Sehat dan Aman (INSAN)’ Kamis (9/3) di Grand Sumber Ria Gorontalo.

Acara dibuka Kepala Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo itu diikuti 417 peserta yang berasal dari utusan sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan MA se Provinsi Gorontalo.

Narasumber dalam kegiatan ini diataranya Elnino M. Husein Mohi, S.T., M.Si (anggita Komisi 1 Bidang Telematika DPR RI), Ir. Tri Haryanto MT (Direktur Pembiayaan BP3TI Kominfo) dan Ir. Nonot Harsono (Praktisi Telematika Indonesia).

Elnino M. Husein Mohi atau yang biasa disapa Elnino sebagai Pembicara Tamu mengungkapkan siap mengawal usulan dari Provinsi Gorontalo.

“Beberapa usulan sudah berhasil dilaksanakan. Dan kini tersebar di Kabupaten Pohuwato, Boalemo dan Gorontalo Utara,” ucap anggota DPR RI asal Gorontalo itu.

Elnino berharap hal yang sama dapat dilakukan oleh daerah lain di Provinsi Gorontalo, mengingat berdasarkan data 2016 Gorontalo baru mencapai 0.08 persen atau 13 sekolah dari 1.595 sekolah yang sudah terlealiasi.

Sementara itu Tri Haryanto menekankan bahwa usulan harus berdasarkan Prosedur yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Kepala Daerah atau Kepala Dinas yang diusulkan melalui PUSTEKOM Kemendiknas. Usulan dari masing-masing lokasi sesuai dengan Form yang telah ditetapkan oleh Kominfo yakni Akses Internet Survey Report yang kemudian direkap dalam bentuk usulan.

Prosedur ini adalah hasi ldari Redesign Program USO. Informasi Usulan Sekolah dapat diakses melalui web Kemendiknas Pustekom dengan alamat http://sekolah.jardiknas.kemdikbud.go.id

Mekanisme pendaftaran program USO untuk sekolah.

Terakhir Nonot Harsono dalam materinya “Membangun Mindset Anti Hoax” menekankan kepada peserta forum yang berasal kalangan pendidik untuk memberikan informasi kepada siswa khususnya dan masyarakat sekitar akan cara untuk memfilter berita sebelum di bagikan pada media social.

Program Internet USO (Universal Service Obligation) selain untuk pendidikan juga berlaku untuk Kantor Pemerintahan Desa, Obyek Wisata, Puskesmas, Koperasi, Polsek, dan lainnya dengan berkoordinasi dengan Instansi Pusat tertait. Sebagai pengantar dalam permohonan usulan dapat diakses ke https://goo.gl/mcZyJr.

Kementerian Komunikasi dan Informasi telah meluncurkan aplikasi berbasis online untuk pengusulan Internet maupun BTS Telekomunikasi yang dapat diakses melalui www.ditpitalebar.kominfo.go.id/e-uso. (ndi)

-