Lebaran Semakin Dekat, Jangan lupa Berzakat!!! 

0

hargo.co.id – Nggak terasa ya kita sudah berada di Minggu penghujung Ramadhan. So, itu artinya lebaran sebentar lagi bukan. Hayo siapa nih yang udah nggak sabar menanti hari kemenangan?

Hm, di hari kemenangan nanti, biasanya ada nggak sih Zetizen yang menunggu tradisi Zakati?

Eh, ngomong-ngomong soal zakat. Kita bahas yuk macam-macam Zakat yang ada secara umum. Lanjut baca ya!!!

1. Zakat Fitrah

zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat islam. Laki laki dan perempuan, besar dan kecil, merdeka atau hamba sahaya. Tujuanya untuk membersihkan jiwa / diri seseorang yang sudah melaksanakan puasa. Zakat fitrah berupa makanan pokok yang mengenyangkan yaitu sebanyak 3,2 liter atau 2,5 kg. Zakat Fitrah ini hukumnya wajib lho Zetizen. Jadi jangan sampai nggak bayar zakat ya.

2. Zakat Mal

Zakat Mal, zakat yang Wajib bagi orang islam yang memenuhi syarat. Tujuanya adalah untuk membersihkan diri dari harta benda yang dimilikinya.
Perhitungan untuk mengeluarkan zakat mal, jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nishab (85 gram emas) maka ia telah terkena kewajiban zakat (2.5%). Soo buat zetizen yang memiliki harta setara ulasan di atas, segera keluarkan zakat mal mu.

3. Zakati

Nah, Zakati ini sebenarnya tidak termasuk dalam macam-macam Zakat secara umum ya Zetizen. Melainkan, Zakati merupakan tradisi di Gorontalo dimana anak-anak mendapatkan hadiah (uang saku) dari para orang tua maupun sanak saudara. Biasanya, ketika Zetizen masih kecil, jumlah Zakati yang didapat jumlahnya banyak bukan? Nah sekarang ketika Zetizen sudah besar, jumlahnya makin banyak atau makin sedikit hayo? (ZT-08/hargo)

TINGGALKAN BALASAN