Lecehkan Lambang Negara, Zaskia Gotik Harus Berurusan Dengan Polisi

Zaskia Gotik

Hargo.co.id Jakarta – Lelucon Zaskia Ghotik saat mengisi acara di salah satu stasiun televisi swasta akhirnya berbuntut panjang.

Lelucon yang dianggap menghina lambang negara dan hari kemerdekaan RI itu kini telah dilaporkan ke pihak berwajib, meskipun sebelumnya Zaskia Ghotik telah meminta maaf atas tindakannya itu.

Pihak Kepolisian melalui Tim Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melaporkan Zaskia Gotik.

Kanit I Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Nico Setiawan mengatakan pihaknya menemukan dugaan tindak pidana tersebut pada saat melakukan cyber patrol.

“Kami melakukan pelaporan sendiri. Ini pelaporan model A dan polisi bisa menanganinya langsung tanpa laporan masyarakat dari salah satu artis yang menghina terkait sila kelima Pancasila,” ujar Nico kepada wartawan di SPKT Polda Metro Jaya, Kamis (17/3/2016)

Pelaporan tersebut dibuat karena Zaskia Gotik telah melakukan penghinaan terhadap negara, dia diduga telah melanggar UU No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

“Nanti kami selidiki terlebih dahulu apakah memenuhi unsur pidana atau tidaknya,” terang Nico.

Kepolisian pun akan meminta keterangan saksi dari Ketua Umum LSM Komunitas Pengawas Korupsi (KPK), Muhammad Firdaus yang awalnya juga ingin melaporkan Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya. Namun pelaporan tersebut dibatalkan lantaran sudah ditangani langsung kepolisian.
Hinaan Zaskia Gotik pada Indonesia terjadi saat ia menjadi bintang tamu di acara musik di salah satu televisi swasta Tanah Air, Selasa (15/3/2016) pagi. Saat Ayu Dewi dan Deny Cagur memberikan pertanyaan tentang hari proklamasi, Zaskia Gotik dengan enteng dan sambil tertawa menjawab “32 Agustus”.

Padahal, hari proklamasi yang diperingati bangsa Indonesia terjadi 17 Agustus menjadi momentum berharga atas kemerdekaan bangsa.

Begitupun saat Zaskia Gotik ditanya lambang sila ke lima. Dengan enteng ia pun menjawab bebek nungging. Padahal Pancasila sila ke lima bukanlah bebek nungging seperti yang disebutkan Zaskia Gotik, namun melainkan padi dan kapas.(lya/pojoksatu/hargo)