Lestarikan Peninggalan Sejarah

Hargo.co.id. Zetizen-GP- Setiap daerah tentu punya sejarah masing-masing bukan? nah Zetizen pernah berpikir nggak kalau dalam perjalanan sejarah setiap daerah tersebut tentu punya benda-benda peninggalan bersejarah dan kira-kira benda-benda peninggalan sejarah itu dikemanankan ya?

Jawabannya tentu saja benda-benda bersejarah itu di arsipkan dan di museumkan. Hal tersebut bertujuan agar benda-benda tersebut dapat menjadi arsip dan saksi bisu terhadap sejarah yang sudah terjadi.

Di Gorontalo sendiri sudah dibangun Museum Provinsi Gorontalo lho Zetizen.Koleksi yang dipamerkan di Museum tersebut meliputi 10 jenis etnografika, 2 buah jenis historika dan 1 buah koleksi tanpa keterangan, namun diperkirakan jenis etnografika.

Hayo, siapa nih Zetizen yang pernah mengunjungi Museum Provinsi Gorontalo? FYI, mengunjungi museum merupakan salah satu hal yang bisa Zetizen lakukan untuk melestarikan peninggalan sejarah lho.

Nah, kira-kira gimana ya kesan Zetizen Gorontalo yang sudah pernah mengunjungi museum tersebut? simak kata mereka yuk. (travel.kompas.com/ZT-08/hargo)

 

Yusuf Bobihu
Teknik Informatika, UNG

Perhatian untuk Museum Gorontalo
Menurutku Museum Provinsi Gorontalo dari segi tempat sudah bagus, sayangnya masih ada hal yang perlu diberikan perhatian lebih seperti menambah jumlah koleksi di dalam museum baik berupa benda-benda peninggalan sejarah atau pun karya-karya peninggalan seniman terdahulu agar nantinya ketika para pengunjung datang nuansa kekentalan akan budaya dan sejarah Gorontalo lebih terasa. Selain itu akan lebih bagus apabila di dalam museum diberi fasilitas sistem informasi agar memudahkan pengunjung yang datang. (ZT-10)

 

Anisah Rahim
Siswi SMA 1 Limboto

Belajar Hal Baru di Museum
Kesan pertama sewaktu aku datang ke Museum Provinsi Gorontalo adalah museum ini biasa saja di lihat dari bagian luar. Tetapi kesan ini kemudian berganti menjadi luar biasa saat aku mulai masuk ke bagian dalam museum. Ada banyak benda-benda peninggalan sejarah seperti lukisan-lukisan cerita sejarah Gorontalo, rumah adat Banthayo Poboide, alat-alat masak, dan masih banyak lagi yang belum pernah saya lihat sebelumnya dan hal ini menjadi pengalaman baru sekaligus menambah pengetahuan saya mengenai Gorontalo. (ZT-10)