Mantap… Wonderful Indonesia Sabet The Best Exhibitor di ITB Berlin

Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai The Best Exhibitor di ITB Berlin 2016. Foto: Puskompublik Kemenpar

Hargo.co.id BERLIN – Ini bukan mimpi di siang bolong! Juga bukan khayalan di malam gelap. Ini benar-benar terjadi, di ITB Berlin, bursa pariwisata terbesar di jagat ini, 9-13 Maret 2016. Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai the best exhibitor dalam kategori booth Asia Australia Oceania.

Kategori yang dinilai sangat kompleks. Maklum ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua. Tagline-nya saja, 50 years of excellence, the leading travel trade show.

Apa sih yang membuat booth yang di desain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar itu? “Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan,” ujar Menpar Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika itu.

Pertama, booth dan spacenya harus memberi kesan welcome kepada costumers. Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar, karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya di samping bersebelahan dengan Malaysia.

Kedua, bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan. “Materi promo, cetakan poster, liflet, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO –Visit Indonesia Tourism Officer– di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu,” ujarnya.

Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk memghidupkan paviliun yang hall 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu. Ada siluat wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia iyu. Ada spa di sudut yang disiapkan dua therapies dan dua kursi malas.