Masih Banyak Pengendara Langgar Aturan

Petugas Kepolisian Satuan Lalu Lintas Polres Pohuwato saat memberikan pembinaan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. (F. Zulkifli Tampolo/ Gorontalo Post/hargo)

hargo.co.id – Marisa guna meminimalis tindak kejahatan di jalan raya, Satuan Lalu Lintas Polres Pohuwato saat ini rutin gelar patroli. Baik itu pagi, siang, sore hingga malam hari. Walhasil, ditemukan banyak pengendara roda dua dan roda empat yang melanggar aturan.

Pantauan Gorontalo Post/hargo, sejak awal pekan kemarin, operasi rutin dilakukan oleh Unit Patroli Sat Lantas Polres Pohuwato. Mulai dari Kecamatan Randangan, Patilanggio, Marisa Cs, Paguat dan lain sebagainya.

Operasi itu sendiri menargetkan beberapa hal yakni kelengkapan kendaraan, pemeriksaan senjata tajam, bom dan lain sebagainya.

Padahal, cukup banyak upaya yang dilakukan oleh pihak Keplisian agar masyarakat mentaati aturan lalu lintas,. Mulai dari sosialisasi di mesjid, sekolah, pasar, terminal hingga tempat umum, akan tetapi masih banyak pengendara yang tak patuh dan melanggar aturan lalu lintas.

Pantauan Gorontalo Post, pelaksanaan operasi rutin yang digelar oleh Kepolisian Pohuwato dikawasan pasar tradisional Marisa akhir pekan kemarin menemukan banyak pengendara yang tidak mentaati aturan lalu lintas.

Ada yang tidak mempergunakan helm, tidak mampu menujukan SIM dan STNK, serta kendaraan yang tidak lengkap.

Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Sutrisno,SIK melalui Kasat Lantas AKP Bayu Tri Nugraha,SE menjelaskan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mentaati aturan lalu lintas.

Padahal sebenarnya mentaati aturan lalu lintas bukan menguntungkan pihak Kepolisian atau orang lain, melainkan menguntungkan diri pribadi setiap pengendara.

Alasannya, ketika seorang pengendara mentaati aturan lalu lintas, maka pengendara tersebut bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Banyak masyarakat kita yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan hal tersebut dikarenakan pengendara tidak mentaati aturan lalu lintas,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Kapolsek Kota Timur ini, pada operasi yang dilaksanakan akhir pekan tersebut, pihaknya masih membijaksanai para pengendara dan lebih mengutamakan sosialisasi serta pembinaan.

Ketika sosialisasi dan pembinaan sudah maksimal, maka kedepannya pihak Sat Lantas Polres Pohuwato akan menindak para pengendara yang melanggar aturan.

“Kami pun berharap agar aturan lalu lintas ini bisa ditaati dan diharapkan pula agar hal ini bisa saling disampaikan atau disosialisasikan kepada teman, keluarga, tetangga dan lain sebagainya, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (kif/hargo)