Mei dan Oktober, Festival Bawah Laut Hadir di Banyuwangi

Festival bawah laut akan hadir di Banyuwangi. (Foto dok : maritimenews)

Hargo.co.id BANYUWANGI – Tiada kata berhenti berkreasi. Itu rumus yang menjadi inspirasi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dalam membangun daerahnya dengan leading sector pariwisata.

Rabu, 16 Maret 2016 kemaar, pria berkacamata yang mempopulerkan wilayahnya sebagai “The Sunrise of Java” itu membuat sensasi baru. Dia bakal menggelar festival yang mengangkat kekayaan potensi bahari. Dua agendanya adalah Underwater Festival dan Fish Market Festival.

“Banyuwangi mempunyai potensi bahari yang luar biasa, jadi kami masukkan dua event tersebut pada tahun ini,” tutur Abdullah Azwar Anas,yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi M. Yanuar Bramuda.

Gelaran dua even tadi memang masih cukup waktu. Underwater Festival baru digelar Mei 2016. Sementara Fish Market Festival digelar Oktober 2016.

Tapi, promosi dan informasi soal kegiatan itu terus digeber sejak sekarang. Azwar Anas memang sadar akan PR-ing, sadar media, sadar promosi pariwisata. “Kami belajar dari Pak Menpar Arief Yahya, dalam hal strategi marketing, yakni dengan branding, advertising dan seliing,” ungkap dia.

Berkolaborasi dengan media, lanjut dia, juga bagian yang penting. Ada paid media, own media, social media dan endorser media. “Sosmed kami sangat kuat, silakan cek saja di #Banyuwangi, atau posting saja soal pariwisata dengan hastag Banyuwangi, pasti banyak respons-nya,” kata dia.

Di Underwater Festival, lanjut dia, ada potensi alam bawah laut di Banyuwangi di beberapa titik yang menjadi destinasi baru untuk snorkeling ataupun diving. Banyak spot keren di ujung timur Pulau Jawa itu.