Menag: Kuota Haji Menanti Pembenahan Minna

Peresmian Gedung Asrama Haji yang baru, Balai Nikah dan Manasik Haji ditandai dengan Penandatangan Prasasti oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin disaksikan Wagub Gorontalo, Idris Rahim dan Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo, Rusman Langke

GORONTALO, hargo.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan, pihaknya akan berupaya agar kuota haji Indonesia bisa bertambah. Dengan penambahan tersebut otomatis ikut berdampak pula terhadap kuota Provinsi Gorontalo.

“Namun yang perlu kita sadari bahwa kita jangan terjebak pada penambahan kuota haji, selama Mina belum dibangun dengan baik,” kata kader PPP itu.

Meski Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Mekkah, Madinah dan Araffah sudah diperluas, namun Mina masih sempit. Dan Mina tidak mungkin diperluas, sehingga kuota haji sulit bertambah.

“Kalau fasilitas di Mina berupa tenda dan toilet ditingkatkan dengan signifikan, maka memungkinkan ada penambahan haji. Sebab kebutuhan mutlak jamaah haji adalah tempat istirahat dan toilet itu. Sehingga kita jangan hanya menambah-menambah jamaah. Namun kita harus memperhatikan jamaah kita,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Rusman Langke optimis Gorontalo bisa menjadi embarkasi haji. Apalagi dukungan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota terhadap penyelenggaran ibadah haji cukup besar.

Hal itu tercermin pada dukungan untuk biaya lokal dalam rangka penyelenggaran ibadah haji yang lebih baik dan berkualitas.

“Jamaah Haji Gorontalo tidak lagi membayar biaya transport lokal Gorontalo – Makassar dan Makassar – Gorontalo, karena sudah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo,” jelas Rusman Langke.(ndi/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →