Menang 4-0 Atas Cilegon United, PSPS Lolos ke 8 Besar Liga 2

Suporter PSPS Pekanbaru. Foto: dokumen JPNN

Hargo.co.id, PEKANBARU – PSPS Pekanbaru sukses melaju ke delapan besar Liga 2 2017. Itu setelah berhasil mengandaskan Cilegon United di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Selasa (10/10) dengan skor 4-0.

Sehingga Skuat Askar Bertuah lolos dengan mengoleksi 8 poin dan unggul head to head serta selisih gol dari PSS Sleman yang juga menang 2-1 atas Persis Solo pada laga kemarin.

Kemenangan PSPS dimulai dimenit ke-7 melalui gol pemain anyar Wazir Kahfi.

Dia dengan leluasa menuntaskan umpan matang yang disodorkan Firman Septian yang berhasil menusuk ke barisan pertahanan Cilegon United yang dikawal Denny Arwin, M Syukron, Heri Setiawan dan Rizal.

Skor 1-0 belum membuat Dzumafo dan kawan-kawan puas, bahkan kapten tim PSPS tersebut nyaris saja berhasil menambah keunggulan setelah penjaga gawang Cilegon United Rafit Ikhwanuddin kurang sempurna menangkap bola.

Sebaliknya tim tamu berupaya menyamakan kedudukan melalui beberapa serangan. Namun Gianluca berhasil menjaga gawang PSPS, termasuk mengamankan bola dari tendangan bebas dimenit ke-23.

Dimenit ke-27 Wazir Kahfi dilanggar pemain lawan didaerah kotak penalti. Dzumafo Efandi yang dipercaya sebagai eksekutor dengan mudah membobol gawang Rafit. Skor 2-0 membuat skuat Askar Bertuah semakin menyerang untuk memperbesar keunggulan.

Hasilnya, Firman Septian berhasil meyundul bola ke gawang Rafit setelah menyambut tendangan bebas dari sisi timur lapangan. Arah bola yang mengarah ke tiang jauh gawang Cilegon, tidak bisa diantisipasi Rafit dimenit ke-33. Gol ini sekaligus menjadi gol terakhir dibabak pertama.

Sementara itu dibabak kedua, Wazir Kahfi dan kawan-kawan tidak menurunkan tempo permainan. Aksi Frengky Kogoya di sisi kiri dan Firman Septian di sisi kanan beberapa kali membuat barisan pertahanan lawan kewalahan.

Bahkan tiga menit usai masuk ke lapangan, lagi-lagi Firman Septian sukses memberikan umpan matang. Kali ini Frengky Kogoya yang mendapatkan kesempatan menuntaskannya menjadi gol dimenit ke-48. Unggul dengan skor telak 4-0 membuat pemain Cilegon United frustasi. Bahkan beberapa pemain PSPS harus mereka jatuhkan untuk menghentikan tekanan tuan rumah.

Namun beberapa peluang kembali didapat PSPS. Namun tendangan yang dilakukan Wazir Kahfi masih lemah sehingga dengan mudah diamankan Rafit.

Tusukan yang dilakukan Dzumafo Efandi Herman juga berhasil menerobos pertahanan lawan. Namun umpan yang diberikannya gagal dimanfaatkan Firman. Hingga laga usai, skor bertahan 4-0 untuk keunggulan PSPS.

Usai laga, Asisten Pelatih PSPS Marwal Iskandar mengapresiasi permainan tim asuhannya. Menurutnya keunggulan 4-0 dilaga tersebut merupakan kerja keras dan buah dari kehebatan pemain PSPS. Apalagi mereka juga telah berlatih disiplib untuk memastikan kemenangan dilaga krusial tersebut.

“Ini semua berkat kerja keras para pemain. Apalagi semua pemain dalam kondisi kelelahan karena padatnya jadwal laga. Namun saya melakukan pendekatan psikologis kepada pemain. Sehingga mereka berupaya keras untuk memenangkan laga,” jelasnya.(luk/hg)