Menang Telak Atas Sporting Lisbon, Barcelona Juarai Grup D

Barcelona. © AFP

Hargo.co.id – Pertandingan matchday 6 Grup D Liga Champions 2017-18 mempertemukan Barcelona melawan Sporting Lisbon. Pertandingan ini dilangsungkan di Estadio Camp Nou pada hari Rabu (06/12).

Barcelona tak mengalami kesulitan berarti meski menurunkan banyak pemain pelapis mereka. Gol Paco Alcacer dan gol bunuh diri Jeremy Mathieu membawa Barcelona meraih kemenangan 2-0.

Barca bahkan sudah bisa mendikte permainan sejak menit awal. Sporting yang butuh kemenangan untuk menjaga asa mereka lolos ke babak 16 besar tak bisa berbuat banyak untuk mematahkan dominasi Barca.

Tapi serangan demi serangan yang dibangun Barca selalu bisa dihentikan dengan baik oleh lini pertahanan Sporting. Mereka bermain sangat disiplin, tak memberi ruang kepada para gelandang Barca untuk menciptakan peluang. Sporting juga sangat membatasi pergerakan para penyerang Barca.

Kokohnya pertahanan Sporting membuat laga ini masih tanpa gol saat memasuki jeda. Namun Barca yang bermain tanpa beban bisa tetap rileks dan tenang menghadapi pertahanan berlapis lawan.

Gol yang ditunggu Barca akhirnya datang lewat Paco Alcacer saat laga berjalan sekitar satu jam. Dari skema sepak pojok, Denis Suarez mengirim bola ke depan gawang dan Alcacer menanduknya masuk ke tiang jauh. Barca unggul 1-0.

Barca terus menyerang tetapi upaya mereka kembali menemui tembok tebal di pertahanan Sporting. Terus menyerang, Barca baru bisa mencetak gol kedua pada injury time, itu pun melalui gol bunuh diri mantan pemain mereka; Jeremy mathieu.

Denis Suarez menggiring bola di sisi kiri. Setelah memasuki kotak penalti, Suarez mengirim bila ke depan gawang, maksudnya untuk diselesaikan oleh Alcacer. Namun bola diintersep oleh Mathieu yang menjatuhkan diri untuk menjangkau bola. Tapi intersep Mathieu itu justru membuat bola bergulir ke gawangnya sendiri. Barca pun menang 2-0.

Hasil ini tak mengubah posisi Barca di puncak klsemen akhir Grup D, sementara Sporting akhirnya tersingkir dari Liga Champions dan pindah ke Liga Europa karena hanya finis di peringkat tiga. Di pertandingan lain di Grup D, Juventus berhasil mengalahkan Olympiakos dengan skor 2-0.

Susunan pemain Barcelona: Jasper Cillessen, Thomas Vermaelen, Gerard Piqué (Sergio Busquets), Lucas Digne, Nélson Semedo, Ivan Rakitic, André Gomes, Denis Suárez, Luis Suárez (Paulinho), Paco Alcácer, Aleix Vidal (Lionel Messi).

Susunan pemain Sporting Lisbon: Rui Patrício, Sebastián Coates, Jérémy Mathieu, Cristiano Piccini, Marcos Acuña, Stefan Ristovski (Bas Dost), Rodrigo Battaglia, William Carvalho, Bruno César (Fábio Coentrão), Bruno Fernandes, Alan Ruíz (Gelson Martins). (bola/hsw/hg)