Mengenal Lebih dalam Kopi Pinogu, Khas Gorontalo

Kopi Pinogu khas Gorontalo yang ditambakan dengan susu putih kental manis. (foto Natha/Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Begitu banyak jenis kopi yang berada di Indonesia, untuk wilayah Provinsi Gorontalo ternyata memiliki kopi khas sendiri.

Ya, kopi Pinogu. Kopi yang kini menjadi brend provinsi Gorontalo kian populer.

Kopi ini datang dengan medium high body dan kadar asam yang sedang, dengan aroma buah-buahan tropis dan jejak ujung rasa rempah (spicy) kering dan coklat.

Kopi ini menarik diminum dalam keadaan turun temperaturnya. Saat itulah aroma kuat nangka keluar, hal ini tidak heran karena kopi Pinogu merupakan persilangan dengan kopi liberica (kopi nangka).

Kopi Pinogu akan dapat ditonjolkan aroma dan dikurangi bodynya bila dilakukan manual brewing dengan V60, Chemex, atau Aeropress. Atau diminum dengan susu (kopi tubruk susu), krim kacang/coklat, atau perasan jeruk lemon dan soda.

Sementara itu, di Bone Bolango, daerah yang merupakan sumber kopi pinogu. Terdapat warung kopi yang khusus hanya menjual satu jenis kopi saja, yakni kopi pinogu. Warung kopi milik Yakob Tangahu itu, diberi nama teras kopi Pinogu.

Warkop tersebut cukup banyak para peminat dan pengunjungnya, mulai dari kalangan remaja, orang dewasa dengan beragam profesi hingga para pejabat.

Apa alasan sehingga hanya kopi Pinogu saja yang disediakan di warkop tersebut? Menurut Yakob Tangahu, kopi Pinogu memang sudah menjadi minuman yang begitu dekat dengan masyarakat di daerah ini, bahkan di Provinsi Gorontalo.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →