Menpan-RB: 1 Juta PNS Akan Dipecat

Yuddy chrisnandi ( foto dok.JPNN)

Hargo.co.id JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan, dalam beberapa tahun kedepan jumlah Pegawai Negeri Sipil akan di kurangi hingga 1,5 persen.

Untuk saat ini, Jumlah PNS di Indonesia masih dianggap terlalu tinggi yakni 4,517 juta orang, oleh sebab itu pemerintah menargetkan jumlah PNS di Indonesia pada 2019 mendatang tinggal 3,5 juta orang.

“Ratio PNS sekarang masih tinggi 1,7 persen. Karena itu dalam beberapa tahun ke depan akan kami kurangi hingga 1,5 persen atau sejuta lebih PNS yang dikurangi,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai rakor ASN di Kantornya, Selasa (16/2).

Dia menyebutkan, pada 2019 akan ada 520 ribuan PNS yang pensiun. Itu sebabnya pemerintah akan mengisinya dengan SDM-SDM unggul.

“Upaya kami dalam mengurangi ratio PNS ini adalah melakukan moratorium PNS. Jumlah PNS yang pensiun hanya diisi separohnya saja,” tuturnya.

Selain itu, kompetensi PNS pun ditingkatkan. Jumlah PNS dari S1 yang tadinya di bawah 40 persen akan ditingkatkan menjadi 50-60 persen, S2 ditingkatkan 30-50 persen, dan S3 di atas 10 persen.

“Dengan demikian di 2019, kita sudah mendapatkan PNS unggul dan berdaya saing tinggi,” tandasnya.(esy/jpnn/hargo)