Menteri Arif Yahya Melihat Hobbit di Museum Kata Andrea Hirata

Meseum Kata Andrea Hirata. (ilustrasi)

Hargo.co.id BELTIM – Cukup lama Menpar Arief Yahya bisa kembali berkunjung di Rumah Kata Andrea Hirata di Belitung Timur, Babel. Setelah kegiatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Tanjung Kelayang, Belitung selesai.

“Andrea ini mantan anak buah saya di PT Telkom dulu,” aku Arief Yahya.

Karena itu, dia sangat dekat baik dari sisi personal maupun ide-ide besarnya membangun pariwisata Indonesia.

Museum Kata itu sangat populer di Beltim. Rumah yang sudah menjadi gallery kata-kata, yang sangat monumental buat Belitung. Dari rumah inilah gagasan film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi itu muncul dan mengilhami Andrea Hirata.

Arief Yahya memberi apresiasi yang sangat besar pada spirit Andrea yang karya novel Laskar Prlangi-nya mampu mengangkat nama Belitung.

Tanpa cerita dan film Laskar Pelangi, barangkali tidak seperti sekarang brand Belitung, dengan segala keindahan pantai, batuan, light house di Pulau Lengkuas, dan lainnya.

“Karena itu Museum Kata ini sangat penting bagi brand Belitung yang sangat lekat dengan Negeri Laskar Pelangi,” jelas Arief Yahya.

Ada benchmark yang menarik dijadikan acuan, kombinasi antara novel, film dan tourism. Pertama, Manchu Pichu di Peru, Amerika Latin, Loy Krathong di Thailand dan Hobbiton di New Zeland. Ketiganya dipopulerkan oleh novel dan film.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →