Menumpuknya Sampah, Warga Dulalowo Timur Mengeluh

Terhitung sudah dua hari sejak Ahad (12/11), tumpukan sampah yang ada di jalan Arif Rahman Hakim Kelurahan Dulalowo Timur, Kota Tengah ini, belum juga diangkat.

Hargo.co.id Gorontalo – Suatu kebanggaan untuk Kota Gorontalo bisa mendapatkan penghargaan Adipura untuk kesekian kalinya karena mampu mempertahankan kebersihan lingkungan.

Namun, masih ada saja pemandangan yang tak sejalan dengan prestasi itu. Seperti yang terlihat di jalan Arif Rahman Hakim, Kelurahan Dulalowo Timur, Kota Tengah, Kota Gorontalo, kemarin, Senin (13/11), pukul 12.25 Wita, sampah menumpuk begitu tinggi.

Pantauan Gorontalo post, bak yang telah disediakan tidak mampu lagi menampung volume sampah. Akibatnya, sebagian sampah telah berhamburan ke selokan, dan sebagian lagi berhamburan ke bahu jalan.

Rahman, salah seorang warga Dulalowo Timur menyampaikan, sampah yang telah bertumpuk itu terlihat sejak Ahad (12/11), “So dua hari ini sampah tatumpuk bagini, oto sampah bulum ada datang bakumpul,” ujar Rahman.

Sampah menumpuk di bahu jalan jelas sangat membuat lingkungan Kota Gorontalo yang sering mendapatkan penghargaan Adipura tak lagi indah dipandang. Masyarakat Kota Gorontalo yang tinggal di lingkungan padat penduduk tak bisa berbuat banyak terhadap sampah selain berharap kepada pasukan orange.

“Saya ini kalo bo ada lahan babuang akan sampah di sekitar sini, saya somo buang disitu. Kalo boleh mobakar saya somo bakar, tapi poli somo bakar kasana bekeng tako mo tabakar ka yang lain lagi,” ungkapnya serius Rahman juga berharap kepada pemerintah Kota untuk bisa menambah jumlah pasukan pembersih dan mobil pengakut sampah, karena Gorontalo semakin hari makin padat penduduk dan sampah makin bertumpuk,” harapnya.

Ketika dikonfirmasi ke pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo, belum ada pejabat yang berwenang yang berhasil ditemui. Namun pada pertemuan sebelumnya, Kepala DLH Kota Gorontalo, Junaidi Kiyai Demak, sempat mengakui jika pihaknya terutama pasukan kebersihan masih kekurangan personil. Namun begitu, pihaknya akan berjuang semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan masyarakat Kota Gorontalo.(Tr-60).