MPR Dukung BNN Setingkat Kementerian

BNN

Hargo.co.id JAKARTA – Rencana pemerintah menaikkan status kelembagaan BNN menjadi lembaga setingkat kementerian mendapat dukungan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang meyakini, rencana tersebut tidak diwacanakan secara tiba-tiba, tapi sudah melalui kajian terlebih dahulu.

”Tidak mungkin saat itu dipikir langsung dikeluarkan. Pasti ada pengkajian-pengkajian,” kata Oesman setelah menghadiri musrenbang Kalimantan kemarin.

Dengan meningkatkan level kelembagaan, jelas Oesman, proses teken pekerjaan menjadi lebih cepat. Hal tersebut dinilai selaras dengan kondisi persoalan narkoba yang semakin mengkhawatirkan.

Atas dasar itu, dia yakin kebijakan tersebut tidak akan menciptakan konflik kepentingan dengan lembaga penegak hukum lainnya.

”Kalau untuk kepentingan negara, nggak ada itu conflict of interest,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, selama ada celah di dalam perundang-undangan, kebijakan memperkuat BNN itu bisa menjadi diskresi presiden.

”Mau BNN, BNPB, BNPT, termasuk gubernur DKI setingkat menteri tidak masalah,” terangnya.

Sebelumnya Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa BNN akan dinaikkan menjadi lembaga setingkat kementerian bulan depan. Hal itu didasarkan atas ancaman narkoba yang semakin masif. Jika problem narkoba tidak ditanggulangi maksimal, dia khawatir bonus demografi Indonesia berubah menjadi masalah. (jpg/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →