multitasking doesn’t save time

hargo.co.id – Mengerjakan banyak aktivitas sekaligus dalam satu waktu pernah ngga? Pasti buat zetizen yang memiliki banyak kegiatan dalam sehari, jadi harus melakukan pekerjaan gercep (gerakcepat) misalnya lagi ngerjain tugas sambil makan, main gadget sambil ngomong sama teman. Fokus ngga tuh?

Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal University of Utah membuktikan bahwa multitasking doesn’t save time. Mereka membuat penelitian kepada dua pengemudi. Satu orang berfokus mengendarai mobil, sedangkan yang satu lagi sambil menerima telepon. Hasilnya, pengemudi yang berfokus pada satu aktivitas berhasil tiba di tempat tujuan lebih dulu.

Hal itu dipertegas Pauline Pantouw, psikolog klinis. Menurut dia, multitasking justru kegiatan yang nggak efektif untuk melakukan tugas berat dan memerlukan hasil maksimal. Contohnya, menelepon sambil mengemudi. Bila aktivitas tersebut adalah kegiatan sederhana yang nggak membuang energi fisik dan psikis pada saat bersamaan seperti mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik, multitasking menjadi tindakan yang efektif untuk efisiensi waktu.

Selain itu, multitasking menimbulkan ketagihan beraktivitas.
Keadaan seperti itu sering kali mengakibatkan kita nggak punya waktu untuk istirahat atau me time. Dengan begitu, kita mudah lelah dan rentan stres. Parahnya, efek samping multitasking adalah otak kita yang menerima banyak informasi cenderung overload dan akhirnya rusak.
’’Lakukan kegiatan multitasking untuk hal-hal simpel. Kenali limit diri sendiri dan jangan push otak kita,’’ jelas psikolog Pauline Pantouw. (thehealthjournal/may/c22/zet/hargo)

Nurul Alya Toini
Madrasah Aliyah Muhamadiyah Molowahu

Bisa Hemat Waktu
Diriku memang termasuk orang yang multitasking, karena melakukan dua kegiatan secara bersamaan diwaktu yang sama adalah hobiku. Dan menurutku itu tidak merugikan karena dari situlah aku aku merasa bahwa waktuku bisa dihemat sekaligus. Jadi nggak perlu buang-buang waktu deh. (ZT-06)

Fikri Soman
Smkn 4 Gorontalo

Harus Fokus
Saat guru lagi menerangkan aku malah asik maih Handphone, eh tiba-tiba guru memintakan untuk mengulangi pelajaran yang sudah diterangkan. Akibat tidak fokus, Jadi bingung mau jawab apa. Jadi Menurutku multitaskingbisa saja kita lakukan hanya saja fokus sangat dibutuhkan. (Zt-07)