Museum Pendaratan Soekarno Dipercantik

Bangunan Museum Pendaratan Ir Soekerno yang terletak di Desa Iluta Kecamatan Batudaa, kabupaten Gorontalo, saat di lakukanan renovasi kemarin (14/4),(Foto jalal Khan/Gp)

Hargo.co.id GORONTALO – Museum pendaratan pesawat ampibi Presiden Ir.Soekarno di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo kembali dipercantik. Ini setelah pemerintah daerah melakukan renovasi pada beberapa bagian  bagunan museum yang sudah mengalami kerusakan

Pantauan Gorontalo Post (hargo Group), renovasi yang dilakukan pada bangunan yang dibangun sejak 1936 itu meliputi bagian atap, plafon, serta toilet. Selain itu turut dilakukan pula pengecetan pada seluruh bagian dinding bangunan, baik bagian dalam maupun bagian luar.

Pada renovasi kali ini, tak ada perubahan mendasar yang dilakukan. Bahkan material yang digunakan sama seperti keadaan semula. Seperti bagian atap. Renovasi tetap menggunakan material lembaran kayu ulin. Kayu tersebut didatangkan langsung dari Kalimantan dan bisa tahan hingga 14 tahun.

Untuk plafon tetap menggunakan material tripleks. Demikian pula untuk toilet. Renovasi yang dilakukan berupa penggantian daun pintu, mata keran, dan peralatan lainnya. Sementara untuk pengecatan dinding tetap menggunakan warna putih.

Penjaga museum pendaratan Soekarno, Iman Adam mengatakan, pelaksanaan renovasi ini dimaksudkan agar keberadaan museum yang diresmikan Presiden Megawati Soekarno Putri pada 2002 itu bisa terlihat makin cantik.

Apalagi pada beberapa bagian bangunan sudah rusak. “Jadi sudah harus direnovasi. Sebab, di lokasi itu banyak dikunjung warga baik turis asing maupun warga lokal,” kata Iman Adam.
Menurut Iman Adam, renovasi saat ini sudah berjalan 15 hari.

“Tahap awal pada bagian atap, sebab cukup rumit untuk menyusun atap berbahan baku kayu ulin,” tandasnya.

Terpisah, salah seorang pengunjung Tiara Yusuf mengaku sudah kebiasannya pada sore hari berkunjung di lokasi museum pendaratan Presiden Soekarno. Selain sebagai berwisata, mengunjungi lokasi tersebut juga dapat menambah wawasan.

“Kami berharap renovasi bisa cepat selesai, sehingga lebih menarik dan terus dikunjungi masyarakat,” ujarnya.(tr-48)

One Comment on “Museum Pendaratan Soekarno Dipercantik”

  1. itu museum dibangun tahun 1936 ? klo nyanda salah alm. Presiden Soekarno ke Gorontalo sekitar tahun 1950-an ( tahun 1950 dan 1956 ). bolo maapu mohon koreksi kalo salah ….

Comments are closed.