Musim Hujan, Pasokan Barito Turun Drastis

PARA PEDAGANG di Pasar Liluwo, Kota Gorontalo saat melayani pembeli.

GORONTALO, Hargo.co.id – Musim hujan maish melanda hampir seluruh wilayah Gorontalo. Cuaca ekstrim ini ternyata mulai berimbas pada ketersediaan stok bawang rica dan tomat (Barito) di pasaran. Hingga kini pasokan Barito ke pasar masih sangat terbatas.

Sebagaimana data diperoleh Gorontalo Post dari sejumlah pedagang, stok Barito yang diterima pedagang setiap 3 hari menurun drastis. Misalnya, rica yang biasanya bisa memperoleh jatah 30-40 kg, kini hanya 20 kg saja, tomat dari pasokan 50 kg tinggal 20 kg, bawang merah dari 30 kg tinggal 25 kg saja.

Meli, salah seorang pedagang di pasar mingguan mengatakan, kurang pasokan Barito ke pedagang ini menyebabkan harga jual Barito mengalami kenaikan. “Saya dari pekan lalu so kurang dapat stok, kalaupun ada itu harus pesan jauh jauh hari ke pemasok,” katanya.

Anto, pedagang lainnya juga mengatakan, cuaca hujan akhir akhir ini telah memperngaruhi stok Barito di pasaran. “Hujan beberapa pekan ini menyebabkan pasokan Barito ke pasar kurang, jadi harga naik,” katanya. (dan/hg)