Narkoba Dalam Lapas, Sipir Dicurigai Ikut Terlibat

Ilustrasi (Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo tak main-main dalam persoalan narkoba. Ini menyusul terkuaknya indikasi jaringan peredaran narkoba dari dalam lapas Gorontalo.

Dalam kejadian tersebut, apabila ada oknum sipir yang terlibat maka tak ada ampun. Dalam artian, sanksi tegas siap dijatuhkan kepada oknum tersebut.

Hal itu sebagaimana ditegaskan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo Lili Sungandi. Menurutnya, kunci persoalan peredaran narkoba di Lapas ada pada seorang petugas Lapas, atau pegawai di dalam Lapas.

Artinya, tidak menutup kemungkinan seorang petugas juga terlibat dalam praktek ini. Hanya saja, Lili mengedepankan praduga tak berasalah. Sehingga kalau pun ada yang terlibat, maka muaranya ada proses hukum.

Terbukti, pasti kata Lili akan ditindak tergas, seperti arahan Menteri Hukum dan Ham Yosona Laoli. “Silahkan kalau memang terbukti, nanti ya kita akan melakukan tindakan tegas karena itu jadi virus di Lapas juga kan.

Masih ada pengembangan terbukti atau tidak itu masih ada tahapan berikutnya. Kami sifatnya merespon dalam rangka mencegah sejak dini memastikan pegawai untuk kembali diingatkan agar selalu komitmen,”ujarnya.