Niat Minimalisir Hewan Lepas, Eh Malah Sapi Kades jadi Sasaran

Sapi milik Kepala Desa (Kades) Molintogupo Sahman Talawo kritis kehabisan darah akibat ditombak Cun. (foto istemewa for Gorontalo Post)

Hargo.co.id BONE BOLANGO – Entah cara sosialisasi yang kurang maksimal, atau memang warga tak menyimak betul informasi yang disampaikan.

Niatnya meminimalisir hewan lepas. Eh malah sapi Kepala Desa (Kades) yang menjadi sasaran. Peristiwa itu sebagaimana terjadi di Desa Molintogupo, kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Sang kades Molintogupo Sahman Talawo (65) yang menginstruksikan kepada warganya bahwa setiap sapi masyarakat yang memakan tanaman dan dilepaskan begitu saja, kaki sapi tersebut harus dipotong.

Namun sial bagi UA (23) alias Cun. Karena mendengar instruksi kades tersebut, Cun melihat sapi yang berkeliaran dan memakan tanaman miliknya. Cun langsung menombak sapi tersebut. Namun belakangan diketahui bahwa sapi tersebut milik sang Kades.

Kades yang merasa dirugikan akibat tindakan Cun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Suwawa, (28/1).

Di hadapan polisi Cun mengaku, alasan dirinya menombak sapi milik kades tersebut karena telah memakan tanaman miliknya berupa jagung.

Bukan hanya itu, Acun juga teringat seruan Kepala Desa. Bahwa yang siapa saja yang melihat hewan lepas (Sapi), maka sesuai instruksi kades sapi tersebut dipotong bagian pahanya.

“Kalimat seruan dan instruksi itu keluar dari mulut pak kades sendiri sejak beberapa waktu lalu saat pertemuan bersama di Balai Desa,”kata Cun kepada penyidik.

Cun sendiri tidak megetahui kalau Sapi itu milik Kades. Nanti setelah dilaporkan ke Polisi, Cun baru mengetahuinya.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →