Olahraga 30 Menit Lebih Efektif Ketimbang Satu Jam?

Hargo.co.id – Banyak orang yang melakukan olahraga dengan durasi yang berlebihan, bahkan bisa satu sampai dua jam. Meski masih dipelajari lebih lanjut, namun durasi olahraga yang tepat adalah kurang dari satu jam.

Efek penurunan berat badan dan penambahan otot maksimal terjadi pada 30 menit pertama olahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan testosteron pada 30 menit pertama, namun produksi testosteron menurun setelahnya.

Mengapa Anda tidak dianjurkan untuk olahraga berlebihan? Memaksakan olahraga secara berlebihan bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh, seperti meningkatnya risiko cedera otot.

Mengapa demikian? Ketika Anda memaksakan diri olahraga dengan berlebihan, maka Anda memaksa tubuh bekerja secara terus menerus.

Selain itu, berbagai penelitian juga menunjukkan intensitas olahraga terbaik dilakukan selama 30 menit, lima kali dalam seminggu. Luangkan waktu untuk olahraga selama 150 menit dalam satu minggu.

Olahraga yang disarankan adalah olahraga aerobik dengan intensitas sedang. Anda bisa mencoba untuk berlari, berenang atau jogging di pagi hari.

Selain itu, olahraga beban bisa menjadi pilihan menambah kekuatan otot dan tulang Anda. Olahraga rutin juga bisa menurunkan risiko kejadian kardiovaskular.\

Tak hanya olahraga teratur, pola makan yang sehat dapat menunjang kesehatan tubuh. Hal yang tak kalah penting adalah jangan lupa mengonsumsi buah dan sayuran serta kurangi makanan yang digoreng dan terlalu asin.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui berapa lama harus melakukan olahraga. Luangkan waktu olahraga secara teratur untuk mencapai tubuh yang sehat. Dengan begitu, Anda bisa bersemangat untuk mencapai prestasi cemerlang.(DA/RH/klikdokter)