One In One Out Mulai Berlaku , Gelombang Pertama Pengungsi Syria Tiba di Jerman

'One In, One Out Syria'

Hargo.co.id HANNOVER – Sistem one in one out akhirnya berlaku. Kemarin (4/4) gelombang perdana pengungsi Syria tiba di Jerman dari Turki. Pada hari yang sama, rombongan pertama pengungsi Syria dari Pulau Lesbos, Yunani, mulai tiba di Turki. Tentunya, jumlah pengungsi yang datang ke Turki jauh lebih banyak ketimbang yang pergi.

”Semua ini masih sangat baru. Pasti sulit buat mereka,” kata juru bicara Kantor Federal untuk Migrasi dan Pengungsi Jerman. Gelombang pertama itu terdiri atas tiga keluarga. Ada lima anak-anak dalam rombongan tersebut.

Jubir perempuan yang merahasiakan namanya tersebut meminta media untuk tidak terlalu mengekspos para pengungsi Syria yang baru tiba di negerinya.

Kemarin, begitu tiba di Kota Hannover, 16 pengungsi Syria itu dibawa ke tempat penampungan. Lokasi tersebut berjarak sekitar 140 kilometer dari pusat kota. Gelombang kedua pengungsi Syria yang lolos skrining dan dijamin kelegalannya oleh pemerintah Turki juga dijadwalkan tiba kemarin. Namun, otoritas setempat belum mengetahui jumlah rombongan kedua tersebut.

Selain media, kantor federal untuk migrasi dan pengungsi itu kedatangan tamu sedikitnya satu demonstran. Dia berdiri di halaman kantor, menghadap awak media.