Owi/Butet akhiri kutukan di Rumah Sendiri

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk pertama kali bisa juara di ajang Indonesia Terbuka (Wahyudin/Jawa Pos)

Hargo.co.id – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil meraih gelar juara di Indonesia Terbuka 2017. Mereka menang dua set langsung 22-20 dan 21-15, Minggu (18/6), atas pasangan Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen.

Bagi pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini, kemenangan itu jelas fantastis. Maklum saja, Zheng/Chen merupakan unggulan pertama di turnamen ini.

Selain itu, juara kali ini yang pertama bagi Owi/Butet di pentas Indonesia Terbuka. Sekaligua raihan Superseries ke-13 bagi mereka selama berpasangan. Sebuah pencapaian luar biasa karena ini adalah turnamen pertama keduanya kembali bersama setelah Butet mengalami cedera lutut.

Laga sangat panas sejak awal. Kedua pasangan tak mau kalah dan memperlihatkan tempo cepat dengan pelbagai kombinasi permainan. Mulai dari smash-smash keras hingga permainan net cepat.

Owi/Butet mengalahkan pasangan Tiongkok, Zheng/Chen, dua set langsung (Wahyudin/Jawa Pos)

Owi/Butet memperlihatkan performa yang konsisten walau beberapa kali mereka salah langkah dalam mengantisipasi serangan Tiongkok yang memang menyulitkan. Sempat unggul 20-18 di set pertama, pasangan Tiongkok memaksa laga hingga deuce. Beruntung, Owi/Butet dengan pengalamannya mampu memenangi set pertama.

Pada set kedua Indonesia sempat tertinggal pada awal laga hingga skor 2-4. Beberapa kesalahan sendiri seperti pukulan menyangkut di net beberapa kali jadi faktor.

Hal ini terjadi karena smash-smash beruntun datang dari pasangan Tiongkok. Meski begitu, Owi/Butet tak menyerah begitu saja. Beberapa kali mereka mendapat poin dari aksi memikat.

Terlihat keduanya masih mencari sentuhan dan momentum terbaik. Terus tertinggal, mereka akhirnya mengakhiri interval pertama dengan skor sangat ketat 11-10.

Laga terus ketat dan kondisi selisih satu bola terjadi bergantian. Ketika pasangan Tiongkok mengumpulkan 14 poin, Owi/Butet terus berlari. Mereka mendapat poin demi poin penting hingga akhirnya meraih kemenangan 21-15. Owi/Butet menang dua set langsung.

Bagi Liliyana, ini gelar ketiga di Indonesia Terbuka. Tapi, sebelumnya tak berpasangan dengan Tontowi. Pada 2005 berpasangan dengan Nova Widianto juara ganda campuran dan pada 2008 berpasangan dengan Vita Marissa juara ganda putri.

Indonesia akhirnya bisa meraih juara di rumah sendiri di turnamen Indonesia Terbuka setelah terakhir kali pada 2013 silam. Kala itu, ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi juara. Setelah itu hingga 2016 tak ada atlet bulu tangkis Tanah Air yang juara di Indonesia Terbuka dan akhirnya dipecahkan oleh Owi/Butet. (hg/rap/JPG)