Pagar Besi Makin Diminati

Salah satu model pagar besi yang diminati warga

Hargo.co.id GORONTALO – Rumah minimalis modern di wilayah perkotaan dan sejumlah kabupaten di Gorontalo menjamur. Ini menjadi berkah tersendiri bagi usaha pembuatan pagar besi di daerah ini. Sejak beberapa tahun belakangan, permintaan pagar besi semakin bertambah seiring meningkatnya pemukiman di masyarakat, khususnya pagar besi ukuran minimalis.

Pantauan Gorontalo Post, pagar besi minimalis banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan pembuatan pagar pintu tempa/klasik. Selain biaya yang lebih murah, pagar besi minimalis mempunyai kesan sederhana dan modern.

Seiring dengan semakin banyaknya warga yang berminat untuk memesan pagar besi minimalis setiap tahun, usaha pembuatan pagar besi pun mulai menjamur. Beberapa wilayah, seperti Kelurahan Tapa, Kecamatan Sipatana telah berdiri beberapa usaha yang sama.

Ical, salah seorang pembuat pagar di Kota Gorontalo mengatakan, setiap jenis pagar besi tidak memakai harga patokan, namun lebih kepada pesanan dari konsumen. Hal ini menurutnya disebabkan tingkat kesulitan dan ukuran serta model yang dibuat selalu berbeda dalam proses pembuatanya. “Harganya beda, walaupun panjangnya sama tapi kalau model dan tingkat kesulitannya banyak, yang pastinya harganya sedikit di atas,” katanya.

Isal mengaku setiap bulannya dapat memproduksi 2-3 pagar besi dan kanopi yang juga diminati warga. Dengan harga yang ditawarkan per setnya mencapai jutaan rupiah. Dia mencontohkan untuk kanopi ukuran 6 meter mereka menjualnya seharga Rp 5 juta rupiah, pagar besi ukuran 3,55 meter Rp 8 juta, dan pengaman jendela dengan harga mulai mulai Rp 150 ribu sampai 300 ribu per jendela.(dan/hg)